Musim Panen Berakhir, Harga Bawang Merah Melunjak Naik

Barang dagangan di Pasar Landungsari,  Malang Jawa Timur 
Papyrus - Beberapa waktu lalu, saat jelang bulan Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok alami kenaikan di Pasar Landungsari, Malang Jawa Timur, Rabu (26/05/2021).

Harga bawang merah terus mengalami kenaikan sejak beberapa waktu terakhir yang cukup signifikan. Sementara untuk bawang putih masih stabil.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pemilik toko sembako di Pasar Landungsari, terpantau harga bawang merah menjelang bulan Ramadan sebelumnya seharga 20 ribu per kilogram sekarang naik hingga 33 ribu per kilogram.

“Sebelumnya bawang merah itu sekilo cuma 20 ribu saja. Saat ini naik menjadi 33 ribu per kilogram,” ujar Ema salah satu pedagang.

Ema menuturkan akibat melonjaknya harga bawang merah diprediksikan karena berakhirnya panen raya dan musim hujan yang melanda seluruh wilayah Indonesia membuat para petani kewalahan.

Akibat rendahnya produksi bawang merah tersebut membuat pasokan di pasar tak bisa memenuhi tingginya permintaan masyarakat. Alhasil, permintaan yang lebih tinggi membuat harga bawang terus melambung.

“Disamping karena berakhirnya panen raya dan musim hujan, bawang naik ditambah lagi menjelang lebaran juga kemarin,"  tuturnya.

Selain itu, Ema juga mengungkapkam bahwa kebutuhan barang pokok lainnya yang turut mengalami kenaikan harga adalah kacang kedelai. Sebelumnya harga perkilogramnya 5 ribu, melonjak menjadi 11 ribu per kilogramnya.

“Yang ikut mewarnai kenaikan selain bawang merah ada juga kebutuhan pokok lainnya seperti kacang kedelai, serta beberapa barang lainnya juga mengalami kenaikan harga. Hanya saja tidak begitu melonjak seperti kacang tanah dan kebutuhan pokok yang lainnya,” tutupnya. (Erlisa)

Tidak ada komentar