Pringati Hari Bidan Internasional, Peran Bidan Jadi Sorotan

(Foto: Internet)

Papyrus - Hari ini 5 Mei 2021 memperingati Hari Bidan Internasional. Dimana seluruh masyarakat berprofesi sebagai Bidan dari berbagai belahan dunia melakukan perayaan besar momentum pada tugas mereka, Rabu (05/05/2021).

Peringatan Hari Bidan Internasional menjadi momentum penting untuk melihat lebih jauh terhadap peningkatan kualitas Bidan terutama di Indonesia.

Di tengah masyarakat, seorang Bidan selalu menjadi sorotan bagi masyarakat karena memiliki peran penting terutama dalam proses persalinan.

Adapun tujuan di peringatinya Hari Bidan Internasional ini yaitu ingin mengkampanyekan terkait peran penting Bidan dalam kehidupan manusia. Terutama dalam  membantu pada proses persalinan dan juga wanita hamil.

Dilansir situs web Kementrian Kesehatan RI, Bidan tidak hanya punya peran yang sangat kursial untuk memeriksa, membantu, merawat dan juga membantu persalinan untuk wanita hamil. Bidan juga berperan dalam meningkatkan derajat wanita seperti melalui pelayanan kontrasepsi, memberikan imunisasi kepada bayi, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI).

Pemenuhan kebutuhan Bidan di Indonesia dapat dilakukan dengan membuka dan memberikan izin perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan yang berkualitas.

Menurut Days Of The Year, sejarah kebidanan kembali ke zaman Prasejarah. Bidan adalah mereka yang mempelajari proses persalinan dan berperan penting dalam melestarikan kehidupan selanjutnya.

Pada zaman dahulu, praktik Bidan sangat erat kaitannya dengan perdukunan dan takhayul. Namun saat ini Bidan sudah sangat mampu dan kompeten dalam membantu persalinan, bahkan disetarakan dengan Dokter Kandungan.

Meskipun ada pria yang berspesialisasi dalam kebidanan, tradisi ribuan tahun telah menjadikan bidang ini didominasi oleh wanita.

Praktik kebidanan sempat menurun selama beberapa ratus tahun terakhir, ada peningkatan gerakan menuju persalinan di rumah yang membuat praktik ini lebih relevan dari sebelumnya.

Perayaan Hari Bidan Internasional ini adalah sebagai bentuk wujud para pria dan wanita pemberani pada peran yang mereka mainkan dalam rumah tangga yang bahagia dan kelahiran yang sehat.

Untuk itu semoga Hari Bidan Internasional Ini menjadi kesempatan bagi putra putri Indonesia untuk menumbuhkan minatnya dalam profesi kebidanan.

Di samping itu Indonesia dapat meningkatkan tenaga kebidanan dan memenuhi kebutuhannya dalam dunia kerja. (Tesin)

Tidak ada komentar