Sebagai Wadah Informasi, Begini Awal Terbentuk Komunitas Pacitan Cerdas

Kegiatan PACE Saat Berkolaborasi Dengan FPPI

Papyrus - Pacitan Cerdas (PACE) adalah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan yang berfokus sebagai wadah informasi dan pengembangan pendidikan di Pacitan hingga menyentuh pelosok desa, Sabtu (29/05/2021).

Gandung Senatama merintis PACE atas dasar pengalamannya sebagai lulusan mahasiswa Universitas Brawijaya. Awal terbentuk, Gandung mengandalkan platform online di media sosial karena tahun 2020 sudah menyebar virus Corona yang akhirnya kegiatan offline sangat susah. Pada bulan Februari tahun 2021, Gandung dan tim PACE sudah mulai bergerak untuk kegiatan offline di Kabupaten Pacitan.

Jenis kegiatan yang dijalanlan oleh PACE ada dua yaitu program utama dan program pendukung. Untuk sasaran program kegiatan dari anak-anak TK, SD, SMP dan SMA serta lapisan masyarakat. Komunitas yang mempunyai semboyan “Gayuh Gegayuhan" ini telah menggelar banyak kegiatan di Pacitan.

Salah satu kegitan PACE berkolaborasi dengan FPPI (Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia) Cabang Pacitan pada tanggal 22 Mei 2021 di Monumen Jenderal Soedirman Desa Pakis Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Yang dihadiri Ibu Efi Suraningsih selaku Ketua PKK Kabupaten Pacitan dan Bapak Sukarwan selaku Camat Nawangan Kabupaten Pacitaan.

Gandung mengungkapkan acara kolaborasi PaCe dengan FPPI dihadiri  anak-anak SD sebanyak 23 orang dan ibu-ibu  sebanyak 25 orang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Acara ini itu dibagi menjadi 3 kegiatan yang dilaksanakan bersama yaitu Kelas Membatik, Kelas Ecoprint dan, kegiatan pameran produk UMKM dari Kecamatan Nawangan yang ikut serta memeriahkan acara. Untuk peserta kegiatan ini di mulai dari anak-anak SD sebanyak 23 orang dan ibu-ibu di Desa Pakis Nawangan sebanyak 25 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ketua pelaksana Gandung mengungkapkan kegiatan-kegaitan PACE mendapat respon positif serta dukungan dari banyak pihak, dia juga mengungkapkan dampak positif digelarnya kegiatan ini

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang profesi yang belum familiar kepada adik-adik dan melatih softskill membatik dan ecoprint. Alhamdulillah respon dari berbagai pihak sangat positif dan mendukung dengan adanya kegiatan ini. Harapannya semoga dari kegiatan ini peserta dapat mendapatkan wawasan luas dan dapat mengembangkannya dengan tekun,” tutup Gandung (Rayna)

Tidak ada komentar