Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Salah Satu Petani di Kota Batu Gagal Panen

Saat Suraji Membersihkan Padi Hasil Ketam

Papyrus - Salah satu petani bernama Suraji di Kota Batu mengalami gagal panen disebabkan oleh hama Wereng yang menyerang tanaman padi miliknya di Jl. Raya Panglima No. 126 D, Desa Telekung Kec. Junrejo, Kota Batu, Jumaat (21/05/2021).

Hama Wereng merupakan hama yang mengisap cairan pada tanaman padi dan juga menularkan virus tungro.
Mahalnya harga obat dan pupuk sehingga menyebabkan sulit mengatasi hama wereng.

"Obat dan pupuk tidak ada dan saya tidak ikut kelompok tani sehingga tidak mendapatkan subsidi pupuk dari pemerintah," imbuhnya.

Belakangan ini hasil panen di sawah milik Suraji semakin menurun disebakan oleh limbah kotoran Sapi yang dibuanga masyarakat sekitar ke sungai.

"Setiap tahun kayak gini, masyarakat membuang limbah ternak ke sungai sehingga air tercemar dan akan berdampak pada tanaman padi," jelasnya.

Banyaknya persyaratan untuk mendaftar diri sebagai anggota kelompok tani, membuat pak Suraji sulit mendapatkan subsidi obat maupun pupuk dari pemerintah. Cuaca juga menjadi salah satu faktor  yang mempengaruhi kualitas hasil panen pada sektor pertanian.

"Saya tidak tergabung dalam kelompok tani, karena sulitnya mengurus berkas persyaratan untuk menjadi anggota kelompok tani. Cuacanya juga sekarang buruk kadang hujan, kadang tidak sehingga banyak hama dan penyakit yang menyerang tanaman seperti Wereng dan hama Putih," jelasnya.

Suraji berharap agar harga obat dan pupuk murah dan pemerintah juga harus turun terlibat membantu menyelesaikan permasalah yang dihadapi petani demi terciptanya petani yang sejahtera," tutupnya.
(Freder/Nano).

Tidak ada komentar