Tingkatkan Kemampuan Menulis Berita, LPM Papyrus Adakan PJTD Online Khusus Jurnalistik 2019

Tengah Berlangsungnya Kegiatan PJTD Online

Papyrus - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) secara daring via zoom meeting pada 17 Mei 2021, Selasa (18/05/2021).

Kegiatan PJTD online ini dimulai pukul 15:30-17:30 WIB Dengan tema yang diangkat sama seperti PJTD yang dilaksanakan sebelumnya yaitu "Smart Journalist Think Creatively".

Ketua pelaksana PJTD online Rinda Aulia Putri menyampaikan jumlah peserta yang ikut dalam PJTD online tersebut sekitar belasan orang. Sehingga tidak membutuhkan persiapan yang begitu lama dalam proses dilaksanakannya kegiatan.

"Untuk jumlah peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 11 orang. Walaupun pada saat pelaksanaan sempat mengalami kendala dengan jaringan, sehingga kegiatan dimulai sedikit terlambat tetapi selebihnya berjalan dengan lancar," katanya saat di jumpai wartawan Papyrus.

Rinda juga menjelaskan materi yang di bahas di PJTD tidak jauh berbeda dengan materi pada kegiatan sebelumnya. Dengan membahas mengenai dasar-dasar jurnalistik, dimulai dari sejarah papyrus, sejarah pers, sejarah Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), dan juga 9 elemen jurnalistik.

"PJTD ini khusus untuk mahasiswa jurnalistik angkatan 2019 karena berkaitan dengan tugas yang ada di semester ini. Papyrus tidak mewajibkan mahasiswa jurnalistik untuk ikut dalam jurnalistik hanya saja kita memfasilitasi teman-teman jurnalistik angkatan 2019 agar mudah dalam pengerjaan tugas yang diberikan. Serta untuk materinya masih sama dengan materi pas kegiatan PJTD offline kemarin yaitu dimulai dari sejarah papyrus, sejarah pers, sejarah Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan juga 9 elemen jurnalistik," jelasnya.

Selain itu, Pimpinan Umum LPM Papyrus Maria Diana Kemba menuturkan kegiatan PJTD online ini sangat berbeda dengan kegiatan PJTD yang dilaksanakan sebelumnya yang di lakukan secara offline. Serta yang ikut dalam PJTD online ini lebih dikhususkan untuk mahasiswa angkatan 2019 konsentrasi jurnalistik.

"Kita mahasiswa jurnalistik bukan hanya sekedar nama saja tetapi kita harus bisa dalam membuat berita, menulis berita ataupun membuat berita tv dan film. Sehingga nanti ketika sudah keluar dari kampus apa yang dipelajari disini dapat diterapkan saat berada di masyarakat luas, oleh karena itu kita dari kepengurusan dan juga pembina mewadahi mahasiswa angkatan 2019 supaya setelah di PJTD ini dapat menulis berita dan dikirimkan ke papyrus yang nantinya akan dipublikasikan," tuturnya.

Di samping itu, Diana Kemba juga mengharapkan kepada  mahasiswa angkatan 2019 yang baru saja mengikuti PJTD untuk semangat menulis berita apalagi telah di fasilitasi oleh LPM Papyrus sendiri.

"Papyrus sudah mewadahi teman-teman mahasiswa kosentrasi jurnalistik 2019, dengan harapanya, mereka tidak lagi bermalas-malasan dan beralasan tidak  menulis berita karena  tidak dimuatkan di media-media. Akan tetapi semakin semangat dan terus mebuat karya yang banyak, kami tunggu karya dari teman-teman semua  yang nantinya akan kami publikasikan juga," tutupnya. (Asri)

Tidak ada komentar