Unitri Malang Gelar Pengukuhan Guru Besar Pertama Bidang Ilmu Tanah Pertama Kali

Pengukuhan Profesor Dr. Ir. Widowati, MP, Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tanah di UNITRI, oleh Ketua Senat Prof. Dr. Ir. Wani Handi Utomo

Papyrus - Pada tanggal 25 Mei 2021, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mengukuhkan Guru Besar yang Pertama Prof. Dr. Ir. Widowati, MP, sebagai bidang Ilmu Tanah secara offline di Gedung Olahraga (GOR) Unitri Malang.

Ini merupakan pertama kalinya pengukuhan Guru Besar di kampus Universitas Tribhuwana tunggadewi (Unitri) Malang, Rabu (26/05/2021).

Widowati mengabdi sebagai Dosen Pertanian Unitri Sejak Tahun 1991. lulus dari program Doktor Universitas Brawijaya (UB) tahun 2011, Widowati menggeluti bidang biochar yaitu arang organik dari bahan biomasa yang di produksi dengan metode pirolisis untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Widowati yang menjabat wakil rektor 1 bidang akademik, sistem informasi, dan inovasi UNITRI ini, mendapatkan beberapa hibah penelitian dari Dikti, Indofood Riset Nugraha dan Gudang Garam. selain itu, ia adalah penulis di beberapa Jurnal Internasional terindeks scopus dan jurnal nasional terakreditasi.

Selain menghasilkan karya akademik Widowati  aktif menjalankan pengabdian masyarakat di berbagai daerah tentang pemanfaatan biochar untuk pertanian. Ia juga aktif membina anak-anak sekolah minggu, dan berbagai pengabdian masyarakat lainnya. Penghargaan presiden yang perna diperoleh Widowati adalah Karya Satya Lencana 20 Tahun.

Biochar atau yang dikenal dengan arang organik adalah materi padatan yang dihasilkan dari karbonisasi biomasa.  Biochar merupakan bahan pembena tanah yang sangat prospektif, berpotensi untuk menyerap karbon dalam tanah dan sekaligus menigkatkankuakitas tanah dan air serta pertumbuhan tanaman. Penambahan biochar ke tanah dapat menigkatkan kesuburan tanah dan dengan demikian mengingkatkan hasil panen pada lahan pertanian. (Darfin)

Tidak ada komentar