Bentuk Karakter Mahasiswa, HMPT Unitri Malang Adakan Diklat Online

Dokumentasi Pembukaan Diklat Ruangan Himpunan Mahasiswa Peternakan

Papyrus - Sabtu (26/06/2021) kemarin, Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMPT) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mengadakan diklat ruang himpunan secara online melalui zoom meeting untuk membentuk karakter mahasiswa peternakan yang berintegritas.


Acara tersebut di ikuti oleh 61 mahasiswa yang menyertakan 5 perwakilan mahasiswa untuk mengikuti secara luring dan 56 mahasiswa secara daring. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tema "Mewujudkan Karakteristik Mahasiswa Peternakan yang Proaktif, Berintegritas, Berintelektual dalam Mengembangkan Dunia Peternakan".

Acara ini mengundang 4 pemateri, diantaranya dari Kepala Program Studi Peternakan, Pembina Himpunan Mahasiswa Peternakan, KABIRO Kemahasiswaan, dan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI).

Ketua pelaksana, Yohanes Lele Dapawole mengatakan bahwa diklat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Dulu diklat itu dilaksanakan secara offline ya, dan biasanya kita juga mengadakan kegiatan outdoor untuk diklatnya, tetapi tahun ini kalo dibilang beda ya beda. Sekarang karena pandemi kita akhirnya memutuskan untuk mengadakan online saja agar mengurangi penyebaran covid-19," ungkapnya.

Walaupun diadakan secara online, tetapi acara ini dikemas agar mahasiswa bisa mengetahui bagaimana program studi peternakan. Selain itu, mahasiswa juga di berikan materi tentang pengenalan kampus serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Yohanes juga menuturkan acara diklat tersebut sempat memiliki kendala berupa jaringan internet yang tidak bisa berjalan optimal.

"Karena sistemnya online, yang pasti kendalanya ya di jaringan internet. Beberapa peserta juga terkadang keluar masuk sendiri begitu," ujar Yohanes saat diwawancarai wartawan Papyrus.

Ketua umum Himpunan Mahasiswa Peternakan, Isnaini Mufadhilah menjelaskan tujuan diadakannya diklat tersebut yaitu mengenalkan dunia peternakan serta membentuk katakter dari mahasiswa itu sendiri.

"Tujuan dari diklat ini itu supaya mental mereka terlatih saat nanti kuliah sudah berjalan offline. Selain itu, acara ini sebagai ajang untuk mengesahkan sebagai anggota himpunan mahasiswa peternakan," ungkapnya.

Isnaini berharap dengan adanya diklat ini mahasiswa baru program studi peternakan bisa menanamkan rasa memiliki terhadap program studinya.

"Semoga mahasiswa angkatan 2020 bisa lebih peduli dan bisa mengembangkan dunia peternakan," tutupnya. (Devina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.