Peringati Hari Lahir Pancasila, GMNI Fisip Unitri Malang Angkat Tema Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Diskusi Virtual

Berlangsungnya Diskusi Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila Secara Online

Papyrus - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (Unitri), mengadakan diskusi secara online dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dengan Tema "Pancasila Sebagai Dasar Negara", Rabu (02/06/2021). 

Kegiatan berlangsung dari pukul 16.00-18.00 WIB dan di ikuti oleh 37 peserta anggota GmnI Fisip Unitri. Tidak hanya itu, beberapa alumni GMNI Malang juga ikut berpartisipasi dan dihadiri dua pemateri.

Ketua Komisariat GMNI Fisip Unitri Yohanes Bhoka Pega mengatakan diskusi ini bertema "Pancasila Sebagai Dasar Negara".

"Tema dari Kegiatan ini adalah Pancasila sebagai Dasar Negara, dengan alasan diangkatnya Tema tersebut adalah Memperingati Hari lahir Pancasila dan teman-teman Komisariat sudah mengagendakan dari kepungurusan bahwasannya ada kegiatan kajian bersama," ungkapnya.

Yohanes juga menyampaikan tujuan diadakan diskusi ini adalah berbicara tentang konteks Pancasila hari ini. 

"Bicara soal kajian Pancasila dalam Konteks hari ini, jika dilihat dari sisi kebangsaan serta cita-citanya  dalam 5 poin Pancasila itu sendiri, bagaimana menterjemahkan Pancasila dalam proses Pembangunan, serta mengkaji soal historis dan Filosofis dalam bernegara dan menjadikan Pancasila sebagai dasar tertinggi," pungkasnya

Pada kesempatan yang sama Yohanes menuturkan makna Pancasila sebagai momentum, seperti yang dikatakan oleh Bung Karno tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang harus di implementasikan.  

"Harapannya Pancasila tidak hanya bergerak sebagai wacana dan narasi-narasi untuk kepentingan politik tertentu, tetapi bagaiamana menterjemahkan Pancasila sebagai suatu pandangan yang hidup di masyarakat, untuk mencapai cita-cita bangsa yang adil di bidang Politik dan Sejahtera di bidang Ekonomi," harapnya.

Salah satu Alumni sekaligus Pemateri Eduardus Koisin menyampaikan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan bukan hanya sebatas hafalan. 

"Pancasila sebagai Dasar Negara bukan hanya sebagai bahan hafalan ataupun jualan politik untuk kepentingan pribadi tetapi  bagaimana cara mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tutupnya. (Atris, Novi)

Tidak ada komentar