Saksikan Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin

Papyrus - Fenomena langit gerhana matahari akan terjadi hari ini Kamis, 10 Juni 2021. Orang-orang di belahan bumi utara akan dapat melihat cincin api di langit saat gerhana matahari cincin bergerak melintasi Bumi.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan bergerak langsung antara Matahari dan Bumi, membuat bayangan di Bumi dan menghalangi sebagian cahaya matahari. 

Hari ini, saat matahari terbit, masyarakat menantikan gerhana matahari cincin, yang terjadi ketika Bulan terlalu jauh dari Bumi dalam orbit elipsnya untuk sepenuhnya menghalangi Matahari seperti yang terjadi saat gerhana matahari total.

Begitun sebaliknya, Bulan membiarkan cincin luar matahari terbuka, menciptakan tampilan "cincin api" di langit, dan menjadi satu-satunya gerhana matahari cincin pada tahun 2021.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021 hanya dapat dilihat di wilayah tertentu seperti Pulau Ellesmere dan Baffin, Kanada, Kawasan Siberia, Rusia. dan sebagai terlihat setengah Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, Asia Tengah, China bagian barat.

Ini tidak akan terlihat seperti matahari biasa yang Anda lihat,” kata Jackie Faherty, astrofisikawan di American Museum of Natural History di New York City, Amerika Serikat, seperti dikutip Space, Selasa, 8 Juni 2021.

Sementara "cincin api" penuh akan terlihat dari garis lintang paling utara (termasuk Kutub Utara dan sebagian Greenland dan Kanada). Sebagian besar pemirsa hanya akan melihat sebagian versi gerhana, yang akan terlihat dari sebagian Amerika Utara, Eropa dan Asia.  

Gerhana sebagian, di mana Bulan tampak menggigit Matahari, mungkin tidak semenarik gerhana "cincin api" annular. Namun, Faherty mencatat bahwa bahkan gerhana sebagian bisa menjadi hal yang luar biasa untuk disaksikan.

Menurut Faherty, gerhana hari Kamis akan terlihat seperti “Bintang Kematian” berada di depan Matahari saat terbit. Hal itu, kata dia, mengacu pada senjata luar angkasa seukuran bulan dari film Star Wars. Dari sudut pandangnya, peristiwa itu akan mencakup banyak hal yang akhirnya akan tampak seperti cincin api.

"Yang ini agak keren, karena cara bayangan Bulan akan melewati Bumi, itu akan melewati Kutub Utara,” tutur Faherty, sambil menambahkan bahwa sebenarnya cukup jarang gerhana matahari melewati Kutub Utara.  

Di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat di sepanjang wilayah Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan bahkan di Alaska Utara. Pengamat langit dapat melihat peristiwa itu di langit pagi yang dekat dengan cakrawala dan tepat sebelum atau saat matahari terbit, dan disarankan tidak melihat langsung ke Matahari terbit tanpa pelindung mata yang tepat.

Pengamat langit di sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara, melihat gerhana matahari sebagian.  informasi detail fenomenanya, melalui Studio Visualisasi Ilmiah National Aeronautics and Space Administration (NASA). (Darfin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.