Tingkatkan Akses Sanitasi Masyarakat, Kompas Media Gulirkan Dana Kemanusiaan

Saat Melakukan Penggalian Untuk Sanitasi

Papyrus - Kompas Media menggulirkan dana kemanusiaan untuk beberapa kelurahan di Malang, guna untuk membangun sanitasi yang lebih baik dan modern, Senin (28/06/2021).

Berlatar belakang dari aktivitas masyarakat yang masih sering membuang limah kotoran ke sungai serta septictank konvensional yang merusa air tanah, Kompas Media Grup melakukan gerakan kemanusiaan yaitu meberikan bantuan dana kepada beberapa daerah agar memperbaiki sanitasinya. Kelurahan di Malang yang mendapatkan dana kemanusiaan kompas adalah Kelurahan Sukun dan Kelurahan Tunjung Sekar.

Penandatanganan MoU antara kompas dan perwakilan kelurahan di Malang telah digelar pada bulan April 2021 dan bertempat di Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang. Besaran bantuan yang diterima tiap kelurahan adalah 150 juta/kelurahan.

Di Sukun daerah yag dibangun sanitasi terletak di RW 03 dan RW 04, pengerjaan dimulai  dari 24 Mei 2021. Dimulai dengan pembersihan lahan, penggalian, dilanjut dengan pemasangan casing biofil. Pengerjaan ditarget selesai dalam kurun waktu 2 bulan namun terkendala hujan.

Petrus selaku penanggung jawab mengungkapkan bahwa sanitasi ini lebih aman karena lebih modern serta ramah lingkungan,

“Cara kerja sanitasi aman dan kedap ini dikuras tiap 3 tahun sekali, tentunya sanitasi ini tidak akan merusak air tanah serta sumur yang ada ya. Dulu kan dengan septictank lama membuat air tanah yang ada di sumur menjadi tercemar karena kotoran yang penuh, nah kalua yangs sekarang ini aman karena nanti kotoran akan diuraikan oleh bakteri dan klorin. Lalu setelahnya endapan yang ada akan dikuras tiap 3 tahun sekali," jelasnya.

Beliau juga mengungkapkan bagaimana system yang sudah disusun untuk memelihara sanitasi ini kedepannya.

“Untuk pemeliharaannya kami sudah menyusun kelompok yaitu KPP atau kelompok pengguna dan pemelihara biofil. Iuran 10 per bulan untuk biaya operasional dan biaya perawatan biaya berkala," tutupnya. (Rayna)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.