Kemendikbud Keluarkan Program Kampus Merdeka, Begini Tanggapan Mahasiswa Unitri

Yohana Karmila, Mahasiswa Unitri

Papyrus - Semenjak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan program kampus merdeka, hampir seluruh universitas di Indonesia mengikuti program ini, tanpa terkecuali Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, Minggu (04/07/2021).


Diketahui  program ini secara resmi di buka pendaftaran terhitung sejak tanggal 15 Juni 2021 dan akan di tutup hingga 5 Juli 2021, terlebih khusus untuk program pertukaran pelajar.

Dalam program kampus merdeka ini, ada beberapa program yang ditawarkan Kemendikbud kepada seluruh universitas di Indonesia khususnya mahasiswa.

Mulai dari program kampus mengajar, pertukaran pelajaran, magang industri hingga project independent. Dengan berbagai tawaran menarik berupa tunjangan uang kebutuhan hidup secara intensif selama program berjalan dan beberapa  kebutuhan lainnya.

Untuk dapat bergabung dalam program ini, para calon perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu  dengan melengkapi berkas diantaranya, transkip nilai, surat ijin orang tua, akta integritas, surat rekomendasi universitas dan beberapa persyaratan lainnya.

Setelah melakukan pendaftaran, mahasiswa calon peserta program kampus merdeka ini kemudian mengikuti tahap selanjut yaitu seleksi. Dari tahap seleksi ini apabila lolos, maka akan berhak mengikuti program Kampus Merdeka.

Hal ini juga tidak lepas dari perhatian mahasiswa Unitri Malang yang berbondong-bondong dari berbagai Program Studi (Prodi) ikut serta berpartisipasi dalam program ini.

Menanggapi program yang dibuat oleh Kemendikbud ini, salah satu mahasiswa Prodi  Pendidikan Biologi, Yohana Karmila yang mengikuti program ini memberikan tanggapan, program ini sangat bagus, karena menawarkan berbagai program yang menarik bagi para mahasiswa.

"Program kampus merdeka ini sangat bagus, dimana program ini diperuntukkan bagi mahasiswa dengan menawarkan berbagai program yang tersedia disana. Mulai dari pertukaran pelajar, kampus mengajar, magang industri hingga project independent, " katanya saat di wawancarai Wartawan Papyrus.

Disamping itu, Karmila juga mengungkapkan turut ikut dalam program ini karena menurutnya sangat menarik dan tentunya akan memberikan pengalaman yang baru baginya terutama pada program pertukaran pelajar yang diminatinya tersebut.

"Saya secara pribadi mengikuti program kampus merdeka ini, karena saya ingin mendapatkan pengalaman yang lebih. Tentunya apabila saya lolos seleksi nanti, pasti akan bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa hebat dari kampus lainnya," ungkapnya.

Ia juga mengharapkan setelah melakukan prosedur pendaftaran, pada tahap seleksi nanti dapat lolos sehingga dapat mengikuti program Kampus Merdeka ini.

" Harapanya, semoga setelah melakukan proses pendaftaran ini, di tahap seleksi nanti dapat lolos sehingga bisa mengikuti program kampus merdeka ini," tutupnya. (Sukacita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.