Laksanakan Kuliah Kunjungan Offline, Mahasiswa Pariwisata Univeristas Merdeka Malang: Sangat Gembira

Dokumentasi Saat Kegiatan Rafting

Papyrus - Mahasiswa Program Diploma Pariwisata Universitas Merdeka (UNMER) Malang Tempuh Mata Kuliah In House Training Secara Offline di Kaliwatu dan Lumbung Stroberi pada 26 April 2021.

Dari awal munculnya pandemic kegiatan mengajar dilakukan melakukan secara daring karena peraturan pemerintah yang membatasi untuk berkumpul dalam jumlah yang banyak.

Kebosanan belajar dirumah tidak hanya dirasakan para mahasiswa saja namun dari semua elemen pelajar, dimulai dari siswa TK juga ikut merasakan kebosanan daring. Mereka beerasumsi bahwa daring membosankan karena tidak bisa bertemu dengan teman-teman, serta tugas yang ada semakin banyak.

Untuk mengusir kebosanan, dosen dan mahasiswa pariwisata UNMER sepakat menggelar kuliah In House Training secara offline. Kegiatan ini tentunya menerapkan protocol kesehatan yang ketat baik dari peserta maupun dosen, kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta dari 2 offering serta 2 penanggung jawab yaitu 1 dosen dan 1 kaprodi.

Pihak kampus menyediakan 1 bus pariwisata serta 1 mobil sebagai transportasi menuju lokasi, perjalanan ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Tujuan pertama kegiatan ini adalah Kaliwatu Rafting, disana mereka dibagi kedalam 5 kelompok. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mereka mengetahui secara langsung bagaimana nantinya ketika mereka menjadi seorang tour guide.

Dyah Ajeng salah satu mahasiswi mengungkapkan hal apa saja yang dilakukan di Kaliwatu Rafting,

“Kita disana dibagi menjadi 5 kelompok, kelompoknya disusun oleh dosen jadi random. Bidang yang dibagi ada pinball, rafting, outbond, keramik dan kafe. Kita masuk di bidang masing-masing di damping satu tour guide yang mengajarkan kami bagaimana menjalankan kegiatan sesuai bidang secara benar. Nanti setelah selesai kami akan memfloorkan kepada teman-teman lain tentang kegiatan sesuai bidang kami," papar Ajeng.

Ajeng menambahkan hal ini sangat membantu mengusir kebosanan para mahasiswa. Selain itu, sangat bermanfaat dan memproleh pengalaman yang lebih.

Kegiatan kedua yang dilaksanakan adalah mengunjungi lumbung stroberi yang berada tidak begitu jauh dari lokasi pertama. Kegiatan yang dilaksanakan di lumbung stroberi adalah mengenal bagaimana cara menanam stroberi serta menikmati berbagai olahan stroberi yang ada

Raka Alfian selaku ketua kelas offering menjelaskan kegiatan-kegiatan di lumbung stroberi sangat menarik karena suasana disana sangat sejuk.

“Seru banget waktu ke lumbung stroberi, disana kita disediakan olahan stroberi untuk dimakan terus kita juga diajari cara menanam stroberi yang benar karena stroberi nggak bisa kan ditanam di sembarang tempat," tutup Raka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.