PMKRI Cabang Malang Gelar RUAC Istimewa

Tengah Berlangsungnya Kegiatan RUAC Istimewah PMKRI Cabang Malang

Papyrus - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Malang, Menggelar Rapat Umum Anggota Cabang(RUAC) Istimewa  Bertempat di Marga Siswa Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Malang, Minggu (04/07/ 2021).

Ketua pelaksana Epifanius Zakat, menjelaskan kegiatan RUAC istimewa ini diadakan atas dasar Presidum PMKRI Cabang Malang tidak menyelesaikan masa kepemimpinannya selama dua periode sesuai dengan yang sudah ditetapkan pada rapat umum anggota cabang sebelumnya. Maka dari itu kegiatan ini diadakan untuk mengalihkan masa kepemimpinan dari kepemimpanan sebelumnya yang tidak menyelesaikan masa jabatannya sesuai waktu yang ditetapkan kepada kepemimpinan yang baru. Serta kegiatan RUAC istimewa ini sama sekali tidak merubah ART dari kepemimpinan lama.

"Kegiatan ini adalah kegiatan rapat umum anggota cabang istimewa yang dimana diadakan atas dasar periode kepemimpinan presidium cabang Malang Santo Agustinus itu tidak bisa menyelesaikan dalam waktu dua Tahun. Nah rapat umum anggota cabang istimewa ini bertujuan untuk bagaimana mengalihkan kepemimpinan dari kepemimpinan yang sebelumnya yang tidak bisa menyelesaikan dalam periode yang telah ditentukan kepada kepemimpinan yang baru, bukan untuk merubah ART tetapi bagaimana untuk mengalihkan kepemimpinan yang tidak bisa dijalankan sesuai yang ditentukan di rapat umum anggota cabang sebelumnya,” jelasnya.

Epifansius juga menuturkan ada perbedaan pelaksanaan rapat umum anggota cabang saat ini dan rapat umum anggota cabang sebelumnya. Dimana rapat umum anggota cabang sebelumnya bukan RUAC istimewa tetapi Rapat Umum Unggota Cabang (RUAC).

"Kali ini itu mengadakan Rapat Umum Anggota Cabang Istimewa (RUACI) seperti yang saya jelaskan di awal tadi bahwa rapat umum anggota cabang istimewa itu diadakan atas dasar ketidak selesaian menjalankan periode dari seorang ketua presidium. Nah kalau rapat umum anggota cabang itu bagaimana pergantian seorang ketua presidium itu atas dasar periode yang telah ditetapkan dan ditentukan itu sudah dijalankan,” tuturnya.

Ketua presidium terpilih Balduinus Ventura  menyampaikan hal-hal atau trobosan yang menurutnya perlu untuk dijalankan. Mulai dari membenahi dalam hal pengkaderan, mempertajam pemahaman terhadap visi misi, dan juga ideologi PMKRI.

"Kemudian yang menjadi pesannya ataupun hal-hal yang perlu kita perbaharui atau perlu kita jadikan trobosan kedepannya bahwa semoga apa yang menjadi projek pengevaluasian kita selama ini terutama soal pengkaderan dan juga perjuangan tentunya kita betul-betul perbaharui, misalnya soal pemahaman kemudian pergerakan, itu perlu kita benahi baik melalui media maupun pendekatan-pendekatan lain segingga output dari gerakan betul-betul tiba pada masyarakat," ungkapnya.

Ven juga menjelaskan sejauh ini partisipasi dari anggota PMKRI, dia merasa masih perlu dilakukan pendekatan agar bukan sekedar mengeluarkan ide, tetapi sertakan partisipasi di dalamnya.

“Untuk partisipasi saya pikir cukup bagus, tapi ada beberapa hal yang perlu kita perbaiki dan melakukan pendekatan kembali sehingga pemahaman dan juga kesadaran kita sebagai kader benar-benar hal yang prioritas sehingga pengkaderan dan juga perjuangan tadi  benar-benar sinkron, tidak sekedar soal ide tetapi juga gagasan dan juga partisipasi kita,” tutupnya. (Freder/Tesin/Shela).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.