Eratkan persaudaraan, IKAMATRI Adakan Penerimaan Anggota Baru

Tengah berlangsungnya acara penerimaan mahasiswa baru angkatan 2021 Orda IKAMATRI   

Papyrus - Organisasi Daerah (Orda) Ikatan Mahasiswa Manggarai Tribhuwana (IKAMATRI) Malang, mengadakan penerimaan anggota baru bertempat di Caffe Enomia, Jl Gotong royong 2, Kec. Dau,   Malang Rabu, (22/09/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan dari seluruh Anggota baru Orda Ikamatri yang berasal dari daerah dan Kabupaten yang berbeda khusus bagi Anggota mahasiswa baru angkatan 2021.

Ketua pelaksana Thomas Gulung, mengatakan dalam kegiatan ini mengangkat Tema "Naka Agu Anggom" Merupakan hasil kesepakatan dari kepanitian dengan makna yaitu merasa senang dapat merangkul dan mempersatukan anggota baru.

"Makna dari tema di atas untuk merangkul ase kae (saudara dan saudari) baru yang berasal dari 3 Kabupaten. Mulai dari Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai Tengah hingga Kabupaten Manggarai Barat. Yang kemudian dijadikan satu dalam satu ikatan, yang disatukan dalam wadah yaitu Ikamatri," katanya saat di temui wartawan Papyrus. 

Thomas juga menambahkan pada kegiatan ini sebenarnya ada dua konsep yaitu Diklat lapangan dan juga Diklat ruangan. Akan tetapi karena melihat kondisi masih pandemi, sehingga yang di jalankan Diklat secara ruangan. Serta diikuti oleh seluruh anggota baru, panitia, kepengurusan, dan Dewan pembina organisasi Daerah Ikamatri sendiri.

"Soal teknis, memang ada dua konsep awal dalam penerimaan Ikamatri, diantaranya diklat lapangan dengan diklat ruangan jadi karena melihat kondisi sekarang sehingga dari panitia mengambil tindakan untuk diklat lapangan ditiadakan. Kegiatan ini di ikuti oleh 115  peserta baru, panitia pelaksana, pengurus dan dewan pembina organisasi," tambahnya.

Selain itu, ketua  Ikamatri Yosefa Nanjaya menuturkan, tujuan dari mengadakan penerimaan anggota baru yaitu untuk menanamkan nilai-nilai kekeluargaan karena berasal dari berbagai daerah.

"Organisasi mahasiswa daerah adalah organisasi yang beranggotakan sekumpulan mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama dan memiliki tujuan yang sama. Yang dimana juga berfungsi untuk menjaga nilai-nilai budaya daerah agar tidak luntur di tengah arus modernisasi dan heterogenitas budaya yang ada di kampus," tuturnya.

Yosefa juga menerangkan bahwa organisasi Ikamatri harus menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.

"Di sinilah peran organisasi mahasiswa daerah untuk terus menjaga anggotanya, sehingga rasa kekeluargaan dan tali persaudaraan kasih sayang yang sudah dipererat oleh faktor kedaerahan akan semakin erat dan meningkat. Jika sudah lebih akrab dan saling mengenal pribadi dan sifat masing-masing anggota, maka akan semakin mudah mahasiswa organisasi daerah dalam berkontribusi untuk daerahnya," terangnya. 

Yosefa juga berharap agar Ikamatri bukan hanya sekedar organisasi daerah yang sekedar menampung atau merangkul mahasiswa manggarai yang kuliah di universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

"Di dalam organisasi mahasiswa daerah IKAMATRI, terdapat banyak sekali kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat. Salah satunya kajian permasalahan pembangunan daerah. Dan adapun silahturahmi adalah untuk mewujudkan rasa persaudaraan, saling mengenal satu sama lain, rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat," tutupnya. (Wily)

1 komentar:

  1. profisiat buat teman2 IKAMATRI. harapan untuk kedepannya bisa merangkul seluruh mahasiswa manggarai yang ada d UNITRI. cobalah sesekali ajak diskusi dengan dengan ketua-ketua ORDA Manggarai tentang keberadaan dan partisipasi dari setiap anggota.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.