Himakom Gelar Alumni Talk Series, Rangkaian Diesnatalis Komunikasi ke-16

 

Berlangsungnya Acara Alumni Talk Series Secara Online Melalui Zoom Meeting

Papyrus - Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menyelenggarakan kegiatan Alumni Talk Series pertama, yang merupakan bagian dari rangkaian acara Diesnatalis Prodi yang ke-16 kemarin. Secara online melalui zoom meeting, pada Sabtu (11/09/2021).

Acara Alumni Talk Series ini merupakan rangkaian acara dari Diesnatalis Prodi ke-16 tahun. Yang mana, pada series pertama ini dihadiri oleh pemateri dari dunia jurnalistik. Tentu akan di undang juga dari bidang Public Relation dan TV Film sebagai pemateri dalam talk series selanjutnya. Karena kegiatan ini, akan berlanjut sampai hingga enam series.

Ketua umum HMJ Ilmu Komunikasi Frederikus Bintang Hayati mengatakan, Almuni Talk Series ini diadakan secara tidak langsung untuk bersilahturahmi antar alumni, dosen, serta Mahasiswa Ilmu Komunikasi umumnya. 

"Alumni Talk Series ini diadakan karena kami ingin bersilahturahmi dengan para alumni program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam hal ini, meminta para alumni untuk membawakan materi sesuai dengan bidangnya saat ini yaitu dunia jurnalis," ujarnya.

Freder juga menuturkan, konsep diadakannya Alumni Talk Series ini, yakni dengan mengundang semua alumni yang bersedia memberikan materi sesuai dengan keahlian mereka masing-masing.

"Kami mengundang mereka untuk memberikan wawasan atau materi untuk teman-teman yang sekarang masih berproses, karena perlu kita ketahui bahwa mereka yang sudah bekerja memiliki pengalaman yang lebih dan harus dibagikan kepada teman-teman yang masih berproses, karena alumni-alumni yang kita undang itu memang mereka sudah bekerja di media ataupun lembaga ataupun instansi yang notabene profesional," jelasnya.

Freder menjelaskan terkait hal menarik yang disampaikan pemateri dalam acara Alumni Talk Series tersebut, dimana pemateri menyampaikan peran penting seorang jurnalis adalah menulis, dan kemampuan menulis didapat ketika seseorang itu giat membaca.

"Dalam hal ini peran penting tersebut adalah menulis. Bagaimana kita menulis jika kita tidak membaca? Maka dari itu mereka tadi mengatakan bahwa kita tidak terlepas dari membaca. Kita membaca buku apa saja supaya menambah wawasan ataupun cakrawala pikiran kita," ucapnya.

Freder juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi, yaitu Mahasiswa Ilmu Komunikasi nantinya bisa berhubungan baik dengan senior yang sudah berpengalaman di lapangan kerja, agar memudahkan mereka saat hendak mencari lapangan pekerjaan.

"Semoga teman-teman yang lain nanti bisa berkomunikasi dengan alumni, contohnya ketika tamat bisa komunikasikan dengan mereka mungkin ada lowongan pekerjaan supaya mereka bisa rekomendasikan untuk kegiatan semacam ini," harapnya.

Ketua pelaksana Siti Ainun mengatakan, terkait kegiatan Alumni Talk Series pertama yang diadakan hari ini dikarenakan sebelumnya ada kendala.

"Sebenarnya kegiatannya dilaksanakan pada tanggal 7 September kemarin, namun ada beberapa kendala yang memungkinkan kegiatan ini ditunda. Sehingga, acara Alumni Talk Series pertama ini dilangsungkan hari ini melalui zoom meeting," jelasnya.

Ainun juga menjelaskan, bahwasannya pemateri hari ini adalah alumni dari Unitri dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

"Pemateri kali ini adalah alumni dari Program Studi Ilmu Komunikasi. Kebetulan ada dua alumni yang mengisi acara Talk Series pertama ini. Pemateri pertama yaitu, Suhardi, S.I.Kom yang saat ini bekerja di radio Kayong Utara-RKU 101,5 FM, sebagai direktur utamanya. Selain itu, Nurhidayat, S.I.Kom seorang jurnalis di Times Indonesia," tuturnya.

Ainun juga mengungkapkan harapan untuk kegiatan Talk Series selanjutnya, yang diadakan oleh program studi ilmu komunikasi.

"Harapan untuk kedepannya semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Tentunya tidak ada kendala, yang akan menghambat kegiatan Talk Series selanjutnya," tutupnya. (Tesin/Sela)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.