Menyongsong hari Sumpah Pemuda, Unitri Adakan Kuliah Tamu

Tengah berlangsung pengibaran bendera merah putih

Papyrus - Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melaksanakan kegiatan kuliah tamu dalam rangka menyongsong hari Sumpah Pemuda di Gedung Olahraga (GOR) Unitri, Senin, 18/10.

Hari Sumpah Pemuda merupakan sebuah momentum yang sangat penting, khususnya bagi pemuda Indonesia. Yang mana didalam Sumpah Pemuda terdapat hal-hal yang mengajarkan kepada pemuda untuk menerapkan ideologi yang ada di Indonesia, yaitu ideologi Pancasila. 

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Pusat Studi Wawasan Kebangsaan (PUSDIWASBANG) Universitas Tribhuwana Tunggadewi, bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Kuliah Tamu yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unitri sekaligus untuk  menjalankan Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PROBINMABA) bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2021.

Diketahui dari kegiatan ini dihadiri oleh sekitar puluhan undangan terdiri dari perwakilan organisasi internal maupun eksternal kampus. 

Di mulai dari Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan juga perwakilan dari setiap Organisasi Daerah ( Orda) yang ada di lingkungan Unitri beserta mahasiswa baru angkatan 2021 berjumlah 50 orang. Sedangkan 30 orang lainnya merupakan tamu undangan dan juga mahasiswa pertukaran pelajar. 

Dalam kegiatan ini mengangkat tema "Pemuda Berjati Diri Pancasila". Dengan maksud dari tema tersebut, agar setiap pemuda dan pemudi bangsa dapat mengimplementasikan nilai Pancasila yang  sesungguhnya, bukan hanya sekedar mengimplementasikan secara pikiran, gagasan, namun dapat juga secara tindakan yang dilakukan oleh pemuda bangsa.

Karena bangsa Indonesia ini berideologi Pancasila, dan juga NKRI itu akan selalu ada. Sebagai generasi penerus bangsa sepatutnya akan selalu memegang teguh Ideologi Pancasila itu. 

Tengah berlangsungnya kegiatan kuliah tamu

Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr. Agung Suprojo, S.Kom, MAP mengungkapkan bahwa Unitri merupakan salah satu kampus yang mempelopori lahirnya organisasi daerah masing-masing mahasiswa.

"Hari ini orda-orda yang ada kita undang dalam rangka sinergitas, pola pikir, dan kearifan lokal sebagai bagian dari hasanah kekayaan bangsa Indonesia, yang harus mampu teraktualisasikan dalam kehidupan yang Pancasilais," jelasnya. 

Selain itu, Agung Suprojo juga menambahkan dalam kegiatan ini ada mahasiswa yang melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu mahasiswa pertukaran antar perguruan tinggi dari Universitas Sorong, dari Sulawesi, dan Universitas lainnya yang ikut bergabung.

"Kegiatan ini nuansanya kuliah tamu, karena kita berada di awal perkuliahan, tapi tidak mengurangi makna dari pertemuan ini untuk menggugah rekan-rekan muda bahwa Sumpah Pemuda itu ada, yang merupakan cikal bakal lahirnya bangsa Indonesia," tambahnya.

Presiden Mahasiswa (Presma), Aten Woli menjelaskan ada dua teknis kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM tersebut. 

"Kegiatan ini kan tadi dilakukan live streaming juga melalui YouTube Chanel Humas Unitri, sehingga mahasiswa angkatan 2021 yang tidak bisa mengikuti secara langsung dapat mengikuti secara online dengan streaming di YouTube, karena ini juga kegiatan PROBINMABA sehingga wajib diikuti oleh mahasiswa baru sedangkan secara teknis offlinenya di hadiri oleh seluruh undangan, ormawa intra dan ekstra kampus dan mahasiswa pertukaran Program PMM MBKM ," jelasnya. 

Dari rangkaian kegiatan tersebut setelah pemberian materi, diakhir kegiatan dilakukan pengibaran sang saka merah putih, yang dikibarkan oleh mahasiswa perwakilan dari organisasi intra dan ekstra kampus beserta tamu undangan merupakan  mahasiswa pertukaran pelajar kampus merdeka bersama BPIP dan Pusdiwasbang. (Asri/Atris)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.