Orda Ase-Kae Kempo Malang Sambut Anggota Baru Dengan Adat Istiadat

Tengah berlangsungnya Penyampaian Wejangan dari Orangtua Orda Perhimpunan Ase Kae Kempo Malang kepada Anggota Baru

Papyrus - Organisasi Daerah (Orda) Perhimpunan Ase-Kae Kempo Malang, melaksanakan Penerimaan Anggota Baru di Enomia Coffe, Sabtu, (09/10).

Orda merupakan sebuah wadah untuk mengayomi semua mahasiswa yang berasal dari daerah yang berbeda-beda, kemudian dipersatukan dalam sebuah perhimpunan guna untuk mempererat persaudaraan diantara sesama mahasiswa. Kemudian perkumpulan tersebut menjadi sebuah organisasi dengan label atau identitasnya masing-masing berdasarkan kesepakatan. 

Didalam organisasi sendiri perlu melakukan regenerasi dengan tujuan untuk melanjutkan estafet atau keberlangsungan organisasi. Hal sama pula yang di lakukan oleh salah satu Organisasi Daerah Perhimpunan Ase-Kae Kempo Malang dengan melaksanakan penerimaan anggota baru yang diselenggarakan pada Kamis 7 Oktober 2021 lalu.

Ketua pelaksana Yuliana Sukacita Elom menerangkan, mahasiswa baru yang mengikuti dalam penerimaan ini berjumlah 30 orang. Kegiatan tersebut mengusung tema “Naka Agu Kapu” sesuai kesepakatan panitia. 

“Makna dari tema “Naka Agu Kapu”. Naka berarti, kami menerima mereka dengan penuh kasih sayang. Sedangkan Kapu, didenifisikan secara lurus dalam Bahasa Indonesia yaitu gendong. Kami menerima mereka dan mengayomi mereka serta membawa mereka ke dalam Organisasi Daerah Perhimpunan Ase-Kae Kempo Malang,” terangnya saat diwawancarai Wartawan Papyrus via WhattsApp, Sabtu, (08/10).

Dalam kegiatan ini Sukacita menuturkan, tidak memiliki kendala selama persiapan penerimaan anggota baru.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga selesai. Sebelum kegiatan ini dimulai kami menerima anggota baru dengan secara adat istiadat dalam Budaya Manggarai. Dimana dalam tata caranya mahasiswa baru tersebut mereka diterima dengan satu buah bir dengan menggunakan bahasa Manggarai sebagai ucapan selamat datang untuk mereka,” tuturnya.

Ia juga menambahkan setelah menyampaikan ucapan selamat datang bagi anggota baru dari anggota baru dengan simbol pemberian 1 botol bir. Salah satu perwakilan anggota baru kemudian menerima pemberian tersebut secara adat pula dengan istilah dalam Bahasa Manggarai yaitu “cako”.

“Dimana perwakilan dari anggota baru menerima bir itu dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh senior dari organisasi daerah Perhimpunan ase kae Kempo Malang yang telah menerima mereka dengan penuh kasih sayang dan mengoyami mereka,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Umum Organisasi Daerah Perhimpunan  Ase-Kae Kempo Malang, Damasius Budi Harjon, mengharapkan anggota baru yang telah bergabung untuk selalu aktif dalam kegiatan organisasi kedepannya. 

“Harapan saya kedepannya setelah penerimaan anggota mahasiswa baru kempo, menjadikan Organisasi Daerah Kempo yang lebih kompak dan tertib dalam berbagai hal, khususnya tertib dalam waktu, serta lebih baik lagi sebagaimana proses yang ada didalamnya,” harapnya.

Harjon juga menyampaikan, pesan dan kesan untuk anggota baru yang telah tergabung Orda Perhimpunan Ase-Kae Kempo Malang.

“Pesan saya untuk anggota mahasiswa baru kempo, agar aktif dalam orda kempo. Dan juga bukan hanya mengikuti di orda kempo saja, tetapi mengikuti organisasi-organisasi lain, entah itu di dalam lingkungan kampus maupun diluar. Tujuannya agar secara mental, pengetahuan, dan cara berorganisasi yang  baik mereka sudah teruji,” tutupnya. (Paskal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.