Bentuk Jiwa Kepemimpinan Anggota, Himaka Adakan Diklat Ruangan

Sedang berlangsungnya penyampaian materi yang disampaikan oleh dosen akuntansi

Papyrus - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaka) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) ruangan bagi mahasiswa angkatan 2020 di Gedung Olahraga (GOR) Unitri, Sabtu 27/11.

Diklat merupakan suatu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa berdasarkan program studinya  masing-masing. Diklat adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai proses untuk meningkatkan keterampilan, dan pengetahuan seorang mahasiswa.  

Seperti halnya yang dilakukan oleh Himaka, untuk memberikan pembelajaran dan juga meningkatkan pengetahuan terkait dunia program studi (Prodi) akuntansi, mereka melaksanakan Diklat bagi mahasiswa angkatan 2020. Dimana diklat tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus di lakukan oleh mahasiswa prodi  akuntansi, untuk bisa menjadi pengurus di tahun yang akan datang dan juga agar sah menjadi anggota dari Himaka. 

Adapun dari kegiatan Diklat ini di ikuti oleh 145 peserta yang merupakan mahasiswa prodi akuntansi angkatan 2020. Dari kegiatan tersebut mengangkat tema "Membentuk Kader Yang Mampu Bersaing, Bertanggungjawab, Dan Memiliki Jiwa Kepemimpinan Untuk HIMAKA Yang Lebih Baik". 

Ketua umum, Rosanti Djowa mengungkapkan, maksud dari tema tersebut adalah karena Himaka adalah organisasi keilmuan sehingga diangkatnya tema tersebut. 

"Supaya anggota-anggota itu mampu bersaing, baik di internal kampus maupun di luar kampus, kemudian juga bertanggungjawab dan memiliki jiwa kepemimpinan, karena kami seorang akuntan wajib bisa bertanggungjawab dan mampu memimpin," ungkapnya saat di wawancarai wartawan papyrus Jumat 26/11.

Kemudian Rosa pula menambahkan, alasan kenapa angkatan 2020 baru melaksanakan Diklat saat ini. Sebab kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab dari kepengurusan yang lama, namun ada kendala yang dialami yaitu adanya pandemi, sehingga kepengurusan kesulitan. Karena ada beberapa mahasiswa yang masih di daerah masing-masing, dan juga ada beberapa kendala lainnya yang dialami oleh kepengurusan lama.  

"Sehingga ini menjadi tanggung jawab kami kepengurusan yang baru untuk mendiklat kan angkatan 2020 dan 2021 di tahun yang akan datang," terangnya.

Rosa juga turut mengutarakan harapannya untuk mahasiswa angkatan 2020 yang baru saja mengikuti Diklat. Agar bisa memiliki jiwa kepemimpinan, kemudian bertanggungjawab dan mampu bersaing sesuai dengan tema yang ada.

"Tentu saja harapan kami semuanya boleh menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat, atau pun seorang akuntan yang hebat kedepannya," ujarnya.

Kegiatan Diklat ini diadakan untuk angkatan 2020. Kemudian setelah itu baru akan mengadakan Diklat untuk angkatan 2021, yang rencananya akan di laksanakan pada bulan Maret di tahun depan. 

Konsep kegiatan yang diusung oleh panitia, pertama adalah diklat ruangan, yang mana di isi oleh materi-materi yang di bawakan oleh dosen seputar pengenalan akuntansi. Materi yang pertama tentang pengantar akuntansi dan bisnis, kemudian materi yang kedua tentang leadership dan keorganisasian. Dan nanti di hari Minggu 28 November akan diadakan Diklat lapangan atau outbound. 

Ketua pelaksana, Delasmin Maxon Selan menyampaikan kendala-kendala yang dialami selama mempersiapkan acara tersebut, lumayan banyak termasuk karena ada beberapa hal dan persyaratan yang harus di penuhi untuk menggunakan ruangan sehingga mepetnya waktu untuk mempersiapkan kegiatan. 

"Jadi ada beberapa peraturan yang kami harus taati, baik dari peraturan Covid sendiri, peraturan kampus yang harus kami taati, jadi untuk mempersiapkan kegiatan ini mungkin ada beberapa kendala yaitu mempersiapkan surat-surat dan juga surat ijinnya," paparnya.

Peserta diklat juga tetap mematuhi protokol kesehatan dan panitia pun melakukan pengecekan suhu pada saat mau memasuki ruangan, sehingga kegiatan tersebut aman.  (Asri/ Yovina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.