Suarakan Hak Perempuan, Komnas Perempuan Gelar Kampanye 16 Hari


 

Logo 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan


Papyrus - Dalam rangka memperingati Hari anti kekerasan terhadap perempuan yang jatuh pada tanggal 25 November, Komnas Perempuan bakal menggelar kampanye anti kekerasan terhadap perempuan,kamis (25/11).

Dikutip dari tirto.id  Komnas Perempuan bakal menggelar Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan mulai dari 25 November dan bakal ditutup pada Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional 10 Desember 2021.

Dalam kampanye tersebut Komnas Perempuan mengusung tema dalam menyampaikan pesan dari setiap perempuan yang ada didunia "Gerak Bersama dan Suarakan: Sahkan RUU mengenai Kekerasan Seksual yang Berpihak Pada Korban".

Dalam kampanye 16 hari tersebut Komnas Perempuan di Indonesia khususnya menjadi inisiator sekaligus  fasilitator terhadap anti kekerasan perempuan yang akan diselenggarakan secara nasional .

Alasan dipilihnya tanggal 25 November Hingga 10 Desember 2021 dikarenakan bertepatan dan keterkaitan antara Hari Anti Kekerasan terhadap perempuan dan HAM serta ingin menyampaikan bahwa kekerasan yang dilakukan terhadap perempuan merupakan pelanggaran HAM.

Catatan tahunan dari komnas perempuan tahun 2021 menyatakan bahwa, kasus terhadap perempuan ditahun 2020 yang sudah ditangani terdiri dari kasus .

Yang pertama,Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama sejumlah 291.677 kasus; Untuk yang kedua,Lembaga layanan mitra Komnas Perempuan sejumlah 8.234 kasus; Dan yang ketiga ,Unit Pelayanan dan Rujukan (UPR) Komnas Perempuan sebanyak 2.389 kasus, dengan catatan 2.134 kasus merupakan kasus berbasis gender dan 255 kasus di antaranya adalah kasus tidak berbasis gender atau memberikan informasi. (Tina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.