HMI Komisariat Unitri Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru

 

Foto Bersama  Masyarakat Candipuro Lumajang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Papyrus - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, Komisariat Unitri, sukses mengalokasikan bantuan kepada korban bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 04 Desember 2021 lalu. Pengalokasian dana bantuan tersebut disalurkan di Desa Kebon Deli, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu 22/12.

Pengalokasian bantuan tersebut langsung dilakukan oleh sejumlah kader HMI Komisariat Unitri yang menjadi koordinator dalam aksi penggalangan dana tersebut. 

Salah satu koordinator penyalur dana Korban Bencana  Erupsi Gunung Semeru, Jauharul Fikri, mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan tersebut berupa uang dan barang.

“Bentuk saluran yg kami berikan berupa uang dan barang. Jadi kami bagikan dari hasil penggalangan dana. Penyaluran bantuan kami bagikan pada hari minggu tgl 12 Desember 2021 jam 18:00 wib lalu,” katanya saat di wawancarai wartawan Papyrus Selasa 21/12.

Fikri juga menyampaikan, bahwa setelah turun langsung ke lokasi, dapat melihat dan mengetahui dampak yang dialami oleh para korban di lokasi pengungsian.

Menurutnya banyak dari masyarakat terdampak dari bencana, salah satunya adalah sumber perekonomian.

“Setelah turun ke lokasi kami bisa langsung mengetahui apa saja yang mereka alami. Banyak dari masyarakat disana yang memang terdampak dari bencana ini. Salah satunya adalah sumber perekonomian mereka,” ujarnya

Ia menambahkan bahwa bantuan ini dilakukan dalam upaya menyelaraskan peran mahasiswa sebagai Agen Of Social Control, yang mana harus mampu melihat isu-isu kemanusiaan disekitar. 

“Menyelaraskan fungsi mahasiswa sebagai Agent Of Social Control yang mana harus selalu mampu untuk melakukan aksi kemanusiaan disaat saudara-saudara kita tertimpa musibah,” tambahnya.

Koordinator Divisi Pasukan Bencana Alam (DPBA), Ayik Geovhany mengucapkan terima kasih umumnya untuk para mahasiswa dan khususnya untuk kader HMI Komisariat Unitri yang telah membantu warga yang terdampak bencana alam Erupsi Gunung Semeru.

“Secara pribadi saya juga sudah sangat mengenal banyak kader-kader atau mahassiswa-mahasiswa dari Unitri sendiri, maka dari itu kita ucapkan banyak terima kasih untuk Unitri dan terkhusunya untuk kader HMI KOMUNI yang telah datang membawa bantuannya, dan semoga ini dapat membantu warga yang terkena dampak erupsi," ungkapnya

Ayik juga berharap penyaluran bantuan seperti ini dilakukan secara konsisten agar masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut dapat ditangani secara jangka Panjang.

“Tentunya harapan kami untuk para relawan, adalah bisa menyalurkan bantuan secara konsisten dalam artian bukan saat ini saja tetapi untuk masa recovery itu membutuhkan waktu yang lama bisa sampek satu tahun bahkan dua tahun untuk masa pemulihan karena warga yang terdampak bahkan rumahnya yang telah hancur itu ribuan KK jadi diharapkan bantuannya itu secara konsisten bukan sekali ini saja,” tuturnya. (Fery Irawan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.