Tarian Sanda Manggarai, Menarik Perhatian Penjemputan Rektor Unitri

Ikamatri saat sedang menari Tarian Sanda di Depan Panggung Gor Unitri

Papyrus - Pada Jumat 17/12 lalu, Ikatan Mahasiswa Manggarai Tribhuwana (Ikamatri) Malang, tampilkan tarian tradisional Manggarai yang sering disebut "Tarian Sanda" dalam kegiatan Orientasi Pendidikan (Ordik) Mahasiswa baru (Maba) di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri). Tarian itu disuguhkan dalam rangkaian acara penjemputan Rektor Unitri.

Ketua umum Ikamatri, Yosefa Nanjaya menyampaikan, Sebanyak Lima belas (15) orang delegasi dari Ikamatri dipercayakan untuk membawakan tarian sanda.

"Sebanyak lima belas anggota menari, perwakilan Ikamatri, untuk membawakan Tarian Sanda dalam kegiatan Ordik Maba Unitri Malang," jelas Yosefa saat diwawancarai pada Senin 20/12.

 Yosefa juga mengatakan, dirinya merasa sangat bangga ketika Tarian Sanda ditampilkan di wilayah Malang, meski dalam lingkup kampus.

"Tentu ini bagian dari kontribusi Mahasiswa Manggarai-Malang dalam memperkenalkan budaya Manggarai", katanya.

Yosefa juga menjelaskan, tarian sanda yang dibawakan ke-lima belas penari delegasi dari Ikamatri itu sudah tampil sangat baik dalam menyambut beberapa pejabat kampus Unitri dan disaksikan langsung oleh ribuan mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Lantunan bunyi Gong, mengiringi lima belas penari tersebut. Suara gong dan langkah gerakan kaki serasi dengan pukulan gongnya, di tambah dengan pakaian adat Manggarai yang mereka kenakan, sangat indah," ungkap mahasiswa semester 7 itu.

Yosefa juga berharap Ikamatri akan tetap eksis kedepannya terutama dalam kegiatan yang berkaitan dengan budaya Manggarai khususnya. 

"Kekompokkan yang sudah terbina ini, semoga akan tetap terjaga," harapnya. (Kristiani Rada Boku)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.