Tuntut Mahasiswa Aktif Berkarya, Konsentrasi TV dan Film Adakan Diklat

Salah satu dosen Komunikasi UNITRI, Fathul Qorib, (sebelah kanan), ketika memberikan arahan karya film kepada peserta Diklat Konsentrasi TV & Film

Papyrus - Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Diklat Konsentrasi Televisi dan Film, bertempat di Bumi Perkemahan Bedengan, Sabtu, 11/12.

Kegiatan ini berlangsung dua hari yaitu hari sabtu dan minggu serta bertujuan untuk menjalin keakraban  antara angkatan. Di mulai dari angkatan tahun 2017, 2018, dan 2019 dengan konsep Fun Camp.

Pembina konsentrasi Televisi dan Film, Muhammad Abdul Ghofur, menjelaskan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk melatih mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi  Televisi dan Film terkait cara memproduksi sebuah video hingga selesai dengan beberapa tahapan proses pembuatannya.

"Pelatihan khusus semasa pandemi, kita minim sekali bertemu. Sehingga ketika melaksanakan praktek agak susah, makanya dalam kegiatan ini kita bisa melakukan pelatihan pengambilan video sampai proses editing. Intinya bagaimana memproses sebuah video. Selain itu, ada juga senior-senior dari kosentrasi sendiri yang akan membantu mengajarkan cara membuat morning express sebuah video. Mulai dari produksi kemudian proses editing dan langsung jadi," jelasnya.

Dosen komunikasi yang akrab di sapa Memet ini mengatakan bahwa kegiatan yang mereka adakan bersifat resmi dibawah naungan prodi, namun tidak bersifat wajib.

"Kalau acara resmi itu tahunan, tapi ini semacam fun camp jadi acaranya resmi cuma kita yang sekarang tidak mewajibkan mereka karena memang sebagian mereka masih ada dikampung halaman, jadi intinya acara resmi tapi tidak mewajibkan mereka," ucapnya.

Ia juga menambahkan harapan buat mahasiswa konsentrasi Televisi dan Film agar terus berkarya karena sangat berguna untuk masadepan karir mereka kelak.

"Harapan saya pastinya mereka terus berkarya, tambah karyanya  kemudian mereka mempersiapkan portofolio diluar itu seperti apa, portofolio itu sangat diperlukan sekali untuk nilai jual mereka kepada perusahaan-perusahaan besar diluar sana karena porfolio ini sangat penting sebagai pertimbangan untuk dapat di terima di perusahan-perusahan besar," tutupnya. ( Tina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.