Menarik, Modul Nusantara Ciptakan Keseruan Antar Mahasiswa PMMDN

Tengah berlangsungnya kegiatan kontribusi sosial rumah belajar cinta damai Kota Parepare, Modul Nusantara

Papyrus - Keseruan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam mengikuti kegiatan Kebinekaan dan Kontribusi Sosial pada program Modul Nusantara dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kota Parepare Sulawesi Selatan, Rabu, (5/01/)

Kegiatan Modul Nusantara merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilakukan dalam program PMMDN, pada kegiatan Modul Nusantara. Mahasiswa diharapkan mampu dan dapat mempelajari budaya, suku dan ras, tokoh inspiratif, serta tempat wisata bersejarah di kampus penerimanya.

Dalam kegiatan modul nusantara terdiri dari beberapa modul yakni modul kebinekaan, modul inspirasi, modul refleksi dan yang tetakhir adalah modul kontribusi sosial. Modul-modul tersebut secara rutin dilakukan pada setiap minggunya.

Pada kesempatan modul nusantara kali ini, mahasiswa PMMDN melakukan kontribusi sosial dan modul kebhinekaan di kota Parepare Sulawesi Selatan yakni rumah belajar cinta damai, monumen cinta sejati Habibie-Ainun dan kebun raya jompi.

Pada modul Kontribusi Sosial, Mahasiswa diajak berkunjung ke Rumah Belajar Cinta Damai Kota Parepare. 

Pada Kontribusi Sosial tersebut mahasiswa memberikan bantuan kepada anak-anak yatim serta kepada masyarakat yang kurang mampu. Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako, tas, alat tulis menulis serta baju kaos.

Selain bantuan berupa barang, mahasiswa juga berperan aktif dalam membimbing anak-anak yatim khususnya dalam belajar menulis, belajar membaca serta dilakukan juga beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh mahasiswa PMM yang diikuti oleh anak-anak rumah belajar cinta damai.

Pada modul berikutnya mahasiswa PMM melakukan kunjungan ke monumen cinta sejati Habibie-Ainun. Pada kunjungan tersebut, mahasiswa diberikan pembekalan ilmu berupa sejarah berdirinya monumen cinta sejati tersebut.

Salah satu penjaga monumen cinta sejati, Iwan, menjelaskan bahwa monumen tersebut sudah diresmikan sejak 12 Mei 2015. Pada awalnya,  monumen tersebut tidak mendapatkan perawatan serta perhatian khusus dari masyarakat, namun kemudian kembali mendapatkan perhatian dari masyarakat setelah melihat peluang wisatanya dan berjalan hingga sekarang.

"Monumen ini diberi nama monumen cinta sejati antara Bj Habibie dan Siti Ainun, sesuai dengan sejarah kisah cinta mereka. Kemudian monumen ini sudah diresmikan sejak 12 mei 2015 dan sudah dikenal oleh masyarakat setempat, meskipun monumen tersebut sudah dikenal sejak lama namun tidak ada partisipasi dari masyarakat untuk menjaga monumen tersebut," jelasnya. 

Namun hingga sampai saat ini alhamdulillah monumen tersebut sudah sangat diperhatikan oleh masyarakat, dan kini sudah menjadi salah satu monumen terkenal di Sulawesi Selatan khususnya Kota Parepare dan juga sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan dikunjungi setiap harinya," ungkapnya saat diwawancarai oleh wartawan papyrus. Minggu 02/01/22.

Pada kunjungan selanjutnya yaitu modul kebhinekaan ke Kebun Raya Jompi Kota Parepare. Kebun Raya Jompi merupakan kebun atau taman yang indah dan asri serta sering dikunjungi para wisatawan setiap harinya.

Pada kunjungan taman tersebut mahasiswa diajak untuk mengelilingi taman. Dalam Kebun Raya Jompi terdapat beberapa tempat yang sangat indah dan bagus seperti rumah kaca, taman bunga, dan perahu phinisi.

Setelah mengujungi beberpaa tempat wisata tersebut serta melakukan kontribusi sosial ke lingkungan masyarakat ada bnyak kesan-kesan menarik serta pengalaman yang mungkin tidak dilupakan.

Salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Modul Nusantara, Suardi, menyampaikan pesannya kepada para mahasiswa agar selalu solid, selalu bekerja sama, tanggungjawab serta perduli terhadap lingkungan, contoh seperti pada kegiatan Kontribusi Sosial.

"Saya berharap dan berpesan kepada adik-adik semua agar tetap solidaritas, selalu kerjasama, bertanggungjawab serta tetap perduli terhadap lingkungan dan masyarakat dimanapun tempat adik-adik berada, saya sangat senang kegiatan Kontribusi Sosial kita bisa berjalan dengan lancar itu semua karna kekompakan kita semua tetap semangat dan terus berjuang," harapnya (Kemon).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.