Ormawa Unitri Tegaskan Biro kemahasiswaan Wajib Fasilitasi Mahasiswa

Suasana Rapat koordinasi dan persiapan keikutsertaan lomba/ pertandingan di Graha Lantai 2 Unitri

Papyrus - Dalam meningkatkan prestasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Biro  kemahasiswaan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Rapat koordinasi dan persiapan dalam  berkompetisi antar wilayah dan Nasional di Graha Lantai 2 Senin 21/2/2022.

Rapat koordinasi tersebut merupakan salah satu program kerja Biro Kemahasiswaan Universitas Tribhuwana, dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa untuk berprestasi dalam kancah wilayah dan Nasional.

Dilansir dari Surat edaran Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) yang diedarkan oleh Pengurus Povinsi Jawa Timur (Pomprov), yang berisi tentang penyelenggaraan kegiatan pekan olahraga Mahasiswa  Pomprov Jawa Timur pada 20-27 maret 2022. Bertempat di beberapa perguruan tinggi di Malang raya.

Kegiatan pekan olahraga tersebut meliputi 14 cabang olahraga Atletik, Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Renang, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pentaque, Sepak Takraw, Tarung Derajat, Tenis Lapangan, Panjat Tebing dan Tae Kwondo. Pekan Pomprov ini dapat diikuti oleh seluruh Mahasiswa Perguruan Tinggi Jawa Timur.

Dilatarbelakangi Surat edaran Pemprov tersebut menggerak semangat kemahasiswaan Unitri mengadakan rapat koordinasi serta persiapan untuk berpartisipasi dalam pertandingan bersama Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UKM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serta Biro kemahasiswaan Unitri. Yang bertujuan  mempersiapkan dan mendelegasikan anggota untuk  berpartisipasi dalam kegiatan pekan olahraga yang diselenggarakan oleh Pomrov Jawa Timur pada bulan maret mendatang.

Disisi lain adapun tujuan  pengadaan Rapat tersebut untuk membahas terkait proses penyelenggaraan orientasi organisasi di kampus Unitri. Pembahasan berorientasi meliputi persamaan persepsi Ormawa terhadap tujuan sebuah Universitas.

Kepala Biro Kemahasiswa Unitri, Dr.Zuhdi Ma’sum, ST.,M.T,  menyampaikan mahasiswa  perlu mengetahui dan pemahaman terhadap karekter diri Mahasiswa. Dalam rapat berlangsung, Zuhdi menjelaskan, bahwa pengembangan pada karakter mahasiswa secara  individual merupakan hal utama yang lebih spesifik  dalam memiliki dan pencapaian sebuah prestasi.

“Kalau mahasiswa berprestasi, nanti menjadi bekal bagi mahasiswa itu sendiri, yang kedua memberkahi Universitas,” jelasnya.

Zuhdi juga menjelaskan bahwa organisasi mahasiswa dan BEM memiliki peran penting dalam memandu prestasi mahasiswa, sehingga dapat mengukur prestasi mahasiswa. Dari tingkat prestasi mahasiswa yang tercapai, level prestasi, dan keunggulan prestasi yang dicapai bagi Universitas.

“Jadi setiap kali UKM terbentuk atau pergantian pengurus, penting sekali untuk memahami hal tersebut, supaya pengurus yang terpilih itu benar-benar  memiliki sasaran. Kalau semuanya sudah memahami, kita akan lebih mudah dalam menjalankan program kerja,” lanjutnya.

Zuhdi mengharapkan agar UKM yang  terbentuk dapat memberikan ruang kepada mahasiswa  untuk meningkatkan prestasi agar mencapai Universitas yang lebih berkempetitif.

“Saya harap, semua UKM yang memiliki visi dan misinya masing masing harus terlaksanakan dan kita juga akan bekerja sama dalam hal itu," tegasnya. (Yovina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.