Usai PJTD, Papyrus Adakan Pelatihan Kepenulisan Bagi Anggota Baru

Tengah berlangsungnya pelatihan kepenulisan hari ke-3 di Lab Komunikasi

Papyrus - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) Malang, melaksanakan Pelatihan Kepenulisan di Laboratorium Komunikasi pasca Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) minggu lalu.

Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Papyrus Unitri, Maria Diana Kemba menjelaskan bahwa  pelatihan kepenulisan merupakan langkah awal dari seorang Jurnalis untuk terjun langsung ke lapangan dan  bertemu langsung dengan narasumber.

"Karena kita lembaga pers yang bersinambung di dunia Jurnalistik jadi sebelum anggota baru turun liputan, atau praktik langsung harus ada pelatihan kepenulisan dan wajib seorang Jurnalis pemula harus memiliki bekal kepenulisan yang baik," jelasnya saat diwawancarai wartawan Papyrus Jumat 04/02.

Diana atau yang sering disapa Flamboyan mengungkapkan, kegiatan kepenulisan merupakan bagian dari Kepengurusan yang tidak luput juga dari kepanitiaan.

"Sebenarnya program ini dari kepengurusan namun tidak terlepas juga dari kepanitiaan karena masih berlanjut dari PJTD, dan kemarin pelatihan kepenulisanya hanya hanya berisi materi-materi dasar dan menjadi tanggung jawab kepanitiaan," ungkapnya.

Sebagai Pimpinan Umum, Diana memiliki harapan besar bagi peserta Papyrus untuk semangat sehingga pelatihan kepenulisan tidak sia-sia diadakan. Sebagai tolak ukur keberlanjutan regenerasi juga.

"Semoga teman-teman setelah ini niat, semangat, dan materi yang telah disampaikan dapat diimplementasikan. Agar anggota baru tidak sia-sia mengikuti latihan kepenulisan," harapnya.

Ketua Pelaksana PJTD, Onaldy List Pandanga yang juga menjadi penanggung jawab pelatihan kepenulisan menuturkan, bahwa teknik penulisan yang digunakan dalam pelatihan kepenulisan jurnalis tingkat dasar tidak terlepas dari struktur berita yang berbentuk piramida terbalik, serta pembuatan berita dimulai dari pembuatan Judul sampai isi berita.

"Mungkin berbicara soal kepenulisan tidak lari jauh dan tidak terlepas dari bentuk berita yaitu piramida terbalik yang terdapat unsur 5W+1H dan pembuatan Judul yang mencakup semua isi berita serta bagian leadnya terdapat unsur apa, siapa, dimana, kapan," jelasnya. (Baptista Dela Jaelani, Gregorius Gunawan Labar).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.