Unitri Gelar Peresmian Science Techno Park

Prosesi Pengesahan peresmian Science Techno Park (STP) Unitri oleh Prof. Bambang Guritno Ketua Yayasan Bina Patria (kanan), Prof. Dr. Ir. Subrapto, DEA Koordinator kopertis VII (Tengah) dan Rektor Unitri Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M. Sc (kiri)

Papyrus - Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menggelar acara peresmian Gedung Science Techno Park (STP) di Telaga warna Blok H pada Jumat 01/04.

Science Techno Park Unitri kawasan terpadu laboratorium pengembangan teknologi dan inovasi yang merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa. Untuk merealisasikan hasil produk penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, Mitra dan pengembangan sosiopreneur di kota Malang. 

Kawasan tersebut lebih berfokus dalam memproduksi dan pengembangan teknologi yang dapat memberikan solusi untuk Daerah tertentu yang masih minim dalam teknologi. STP yang memiliki luas satu hektar tersebut, memfasilitasi 18 Laboratorium untuk enam fakultas yakni, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ketua panitia acara peresmian STP, Erwin Ismu Wisnubroto,SP,MPhil mengatakan, bahwa Science Tecnho Park adalah bagian dari pelaksanaan pendidikan tinggi dari Unitri. Sebagai kawasan kegiatan Praktikum dalam pengembangan penelitian dosen dan mahasiswa untuk menciptakan hasil produk siap dikonsumsi oleh pengguna dan masyarakat setempat.

“Kegiatan praktikum mahasiswa dan pengembangan penelitian dari dosen dan mahasiswa dilaksanakan dikawasan Science Techno ini, yang tujuannya adalah untuk menghasilkan produk dengan kesiapan tingkat pakai langsung kepada masyarakat dan pengguna," ungkapnya.

Dosen Agroteknologi tersebut juga menyampaikan, bahwa pembangunan kawasan tersebut tidak terlepas dari hubungan mitra kerja sama dengan berbagai pihak. Beberapa diantaranya Perum Centra Satu, Waskipta Karya, SMK pertanian Daerah Malang Raya dan kota Batu, beberapa LSM yang terlibat dalam bidang lingkungan dan pemberdayaan UMKM di kota Malang.

Erwin berharap dengan adanya Science Techno Park mahasiswa dapat mengembangkan pendidikan dengan  mengasa keahlian agar bermanfaat setelah menempuh pendidikan. Mampu mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh dimasa perkuliahan saat sudah terjun di lingkungan masyarakat.

“Sehingga setelah lulus nanti, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapati selama kuliah. Dan juga realisasi produk dari kawasan Science Techno Park ini, bisa langsung diterapkan oleh masyarakat Luas," harapnya. 

Kawasan Science Techno tersebut, selain  membangun kerjasama dengan berbagai mitra dan memberikan ruang kepada mitra untuk menggunakan fasilitas yang ada di Science Techno Park. 

Rektor Unitri Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc menyampaikan laboratorium Teknis yang ada di kampus akan beralih di Science Techno Park. Selain itu mahasiswa dapat menggunakan fasilitas di kawasan tersebut selain mengikuti praktikum, mahasiwa juga dapat bersantai di Science Techno.

“Lab yang lama akan pindah kesini semua, di Scince Techno park. Nanti mahasiswa bisa sambil ngopi," ujarnya.

Ia berharap mahasiswa dapat memperoleh kenyamanan dalam meningkatkan kompetensi dalam berkreativitas dalam  bidang usaha untuk menghasilkan produk yang mengarah pada ranah bisnis jualan. Mahasiswa dan para staf Unitri akan dihimbau untuk mengkonsumsi serta menggunakan usaha produk yang telah dihasilkan. (Katrina Ngguna Manggil/Yovina Selin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.