Bekali Mahasiswa Peka Informasi dan Kapitalisme, Pusdiwasbang Unitri Laksanakan Kuliah Umum

Pemateri Kuliah Umum "Indonesia di Kepung Kapitalisme" Dosen FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Bambang Budiono Mulyo S. Drs., M. Si. tengah menyampaikan materi diskusi.

Papyrus - Pusat Studi Wawasan Kebangsaan (PUSDIWASBANG), Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan kuliah umum berlandaskan peka terhadap informasi ditengah Indonesia di kepung kapitalisme, di Ruangan B 2.3. Sabtu, 21/05.

Ditengah maraknya media yang berkembang di masyarakat, dan penyebaran berita yang cepat dikonsumsi, masyarakat diperlukan mampu memfilterisasi informasi yang diterima. Hal ini karena penyebaran berita yang beredar di masyarakat, tidak dipungkiri memiliki kontroversi dan mengandung unsur hoax.

Pusdiwasbang Unitri melaksanakan kuliah umum, untuk melakukan diskusi dengan mahasiswa unitri terkait “Indonesia dikepung kapitalisme”. Diskusi tersebut membahas isu-isu dan informasi yang sedang trending  hangat di tengah masyarakat terutama pada bidang kapitalisme. Seperti politik, pemerintahan dan aspek lainnya. 

Kegiatan rutin yang dilakukan Pusdiwasbang berkelanjutan, menanamkan semangat nasioanlisme bagi generasi milaneal. Menumbuhkan rasa patriot mahasiswa, agar memiliki intelektual yang peka terhadap lingkungan sekitar, serta membangun aspirasi mahasiswa terhadap  isu-isu yang sedang terjadi ditengah masyarakat. 

Mahasiswa yang ikut serta dalam kuliah umum tersebut meliputi mahasiswa Unitri yang hadir secara luring dengan kuota terbatas berjumlah 50 orang, yang merupakan perwakilan dari tiap mata kuliah. Selain itu juga beberapa peserta yang ikut berpartisipasi, merupakan mahasiswa dari luar serta masyarakat umum secara online dengan menggunakan fasilitas zoom meeting.

Diskusi tersebut dihadiri, Dosen Fakultas lmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Bambang Budiono Mulyo S. Drs., M.Si sebagai pemateri dalam diskusi bertema “Indonesia di kepung kapitalisme”, dalam rangka memperingati Hari kebangkitan nasional (Hardiknas) 2 mei dan kebangkitan Nasional 20 mei 2022.

Ketua Panitia pelaksana Pusdiwasbang Agustinus Ghunu, SE., M.MA.,. M.AP tersebut, mengatakan Pusdiwasbang Unitri akan melakukan kegiatan demikian secara rutin dan berkelanjutan, untuk menanamkan semangat terhadap mahasiswa agar lebih peka dan kondusif terhadap situasi hangat yang ada di lingkungan masyarakat. 

“kami ingin memberi pencerahan kepada mahasiswa, agar mahasiswa kami tidak keliru terhadap informasi yang diterima, bisa menyaring informasi yang diterima. dan kami harap generasi milaneal lebih peka dengan hal seperti itu, agar punya pengetahuan yang berimbang," ungkapnya. (Yovina Selin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.