Asah Potensi Siswa SMK se-Jawa Timur, Fakultas Pertanian Unitri Adakan Lomba dan Inovasi Teknologi

Pemaparan materi lomba oleh siswa SMKN 01 Malang

Papyrus - Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menyelenggarakan lomba dan inovasi teknologi bagi SMK se-Jawa Timur di Science Technopark Unitri. 

Perlombaan tersebut terdiri dari dua kriteria perlombaan, pertama lomba landscaping and gardening yang merupakan teknik perbanyakan dan pemeliharaan tanaman, serta penataan taman rumah tinggal berbasis ekologi.

Kedua lomba young agropreneurship yang merupakan inovasi budidaya dan pengelolaan hasil pertanian dan peternakan, serta inovasi digital marketing produk hasil pertanian dan peternakan. 

Dekan fakultas pertanian, Dr.Ir. Amir Hamzah, MP mengungkapkan tujuan di adakan lomba tersebut ialah untuk memberikan ruang bagi siswa SMK di Jawa Timur untuk menampilkan kreasi-kreasinya.

"Karena memang kami tahu, mereka memiliki potensi yang sangat luar biasa dari sisi inovasi dan teknologi. Sehingga ini merupakan wadah bagi mereka dan juga untuk memberitahukan jika ada kampus Unitri di Malang," ungkapnya saat diwawancarai pada Sabtu, 25 Juni 2022. 

Kegiatan lomba tersebut menjadi ajang silahturahmi bagi kaum intelektual muda, untuk saling mengenal. Oleh karena itu diusung tema "Petani Milenial Menuju Era 5.0". 

Amir Hamzah juga menjelaskan jika dilihat esensinya revolusi industri 4.0 dan 5.0 itu tidak terlalu beda jauh, hanya saja bedanya kalau revolusi industri 4.0 domainnya artifisial intelegen dan sekarang kita sudah memasuki era itu. Nantinya kita akan masuk ke era 5.0 dan domainnya adalah manusia dengan berbagai macam nilai-nilai kebaruannya. 

"Jadi perkembangan teknologi apapun kita tidak bisa abaikan lagi, kita terpaksa harus mengikuti itu. Sekarang kita sudah bersiap-siap, termasuk Unitri pun kedepannya seperti itu," ujarnya.

Perlombaan seperti ini merupakan baru pertama kalinya diadakan oleh fakultas pertanian, yang kebetulan di support penuh oleh dinas pendidikan provinsi Jawa Timur. Sehingga nantinya akan dijadikan evaluasi, dan jikalau bagus maka akan dijadikan event tahunan.

Dalam lomba ini diikuti oleh 42 Siswa SMK, dan juga dihadiri oleh tamu undangan dari seluruh civitas akademik Unitri. Serta juga perwakilan dari sponsorhip seperti BNI, PT. Atfanta, perum jasa tirta 1, ayam nelongso, dan graha mitra tama serta juga kepala-kepala Unit di Unitri. 

Ketua pelaksana, Rizky Alfian, S.Sarl., M.Si mengatakan terkait persiapan yang dilakukan untuk kegiatan tersebut selama 2 bulan. dengan melakukan banyak persiapan seperti melakukan audiensi dengan dinas pendidikan Jawa Timur, kemudian melakukan sosialisasi di beberapa sekolah. 

"Setelah dalam waktu satu bulan, hanya beberapa yang berpartisipasi, karena keterbatasan waktu peserta jadinya belum optimal,"ucapnya. (Asriani)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.