Sebar Virus Literasi, Dua Mahasiswa Rantau di Malang, Buka Usaha Toko Buku

 

Profil toko buku Gazega Book, milik Antonia dan Yohanes Mahasiswa di Malang

Papyrus - Sering kesulitan mendapatkan Buku dan Ingin menyebarkan Virus Literasi, dua mahasiswa di Malang, membuka usaha dengan menjual buku fiksi dan non fiksi yang bernama Gazege Book, Sabtu, 18/06. 

Sebagai jendela dunia, buku tentunya sangat dibutuhkan oleh semua kalangan termasuk mahasiswa. Dengan membaca buku, setiap orang akan berpendapat berdasarkan landasan yang diperoleh dari hasil literasi buku. 

Hal ini yang melatarbelakangi dua Mahasiswa dari Universitas PGRI Kanjuruhan dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang ini, buka usaha menjual buku jenis fiksi dan non fiksi. 

Mahasiswi Agribisnis Unitri semester 8, Antonia Maria Oy, mengungkapkan usaha menjual buku ini dijalankan bersama temannya, kurang lebih satu tahun dengan nama toko yaitu Gazege Book. 

"Usaha menjual buku ini, bukan saya sendiri tetapi bersama partner saya yaitu Yohanes Paulus S. Ola alumni Mahasiswa Kanjuruhan Malang. Toko Buku kami bernama Gazege Book, yaitu toko yang menjual buku-buku bacaan, yaitu buku yang berkaitan dengan Mahasiswa seperti buku teori perkuliahan, feminisme, novel, cerpen dan puisi yang berdiri sejak bulan Mei 2021," ungkapnya. 

Sering kesulitan dalam memperoleh beberapa jenis buku membuat keduanya ingin  menyebarkan virus literasi buku bagi Mahasiswa lain. 

Buku yang dipasarkan, diperoleh langsung dari beberapa produsen buku yang ada di Indonesia.

"Buku-buku ini kami peroleh dari hasil kerja sama dengan beberapa produsen buku termasuk salah satu toko buku besar yang ada di Indonesia," lanjutnya. 

Antonia menambahkan, proses penjualannya melalui media sosial dan harga yang dipasarkan adalah buku original bukan bajakan mulai dari puluhan sampai ratusan ribu.

"Untuk penjualannya lebih gencar promosi di media sosial dan dari mulut ke mulut. Karena menurut kami, itu adalah salah satu strategi yang paling mudah untuk mendapatkan pelanggan. Nah, harga buku yang kami pasarkan mulai dari Rp 30.000-Rp 300.000 karena buku yang kami jual itu original bukan buku bajakan,  otomatis harganya mengikuti harga asal penerbit itu sendiri, " tambahnya.

Target pemasaran awalnya hanya di sekitaran Malang, akan tetapi seiring berjalannya waktu toko buku mereka banjir pemesanan dari luar Malang seperti dari Papua, NTT dan Kalimantan sehingga target pemasaran pun diperluas. 

"Gazega Book juga melayani pemesanan secara online dan pengirimannya  menggunakan jasa pengiriman seperti JNE, Wahana dan Lion Parcel," tandasnya. (Beatriks Uta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.