Keluarkan SK MUA Ormawa, BEM Unitri Tanggapi Leadership dan AMT

Surat Keputusan MUA yang dikeluarkan BEM

Papyrus - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menanggapi  mengenai Leadership (LD) dan Achievement Motivation Training (AMT), setelah mengeluarkan Surat Keputusan terkait Musyawarah Umum Anggota (MUA) bagi seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) pada 26 Juni tahun 2022, Kamis, (07/07).

BEM telah mengeluarkan surat keputusan MUA Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan mencantumkan rentang waktu 1-30 Juli. Sementara pelatihan LD dan juga AMT yang belum di selenggarakan oleh BEM. Dimana hal tersebut merupakan  syarat bagi setiap Ormawa yang ingin mencalonkan diri menjadi ketua.

Presiden Mahasiswa Unitri, Aten Woli menanggapi terkait hal itu dan mengungkapkan bahwa yang perlu di garis bahawi ialah setiap Ormawa memiliki aturan dasar dan aturan rumah tangganya masing-masing. Selain itu juga berkaca dari angkatan sebelumnya yang minim mengikuti LD dan AMT.

"Jadi kita melihat dari situasi itu, kita konsepkan LD ini hanya untuk kader BEM. Kenapa HMJ tidak, Karena melihat kemarin ada sebagian besar HMJ yang tidak memakai LD, sehingga kita mengambil kesimpulan bahwa LD dan AMT ini tidak memiliki legalitas di HMJ dan penentuan kader dari setiap HMJ itu sesuai dengan AD/ART nya masing-masing," ujarnya. 

Mahasiswa teknik sipil angkatan 2018 itu juga mengatakan, mengenai konsep Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRA) berdasar keputusan Rektor bahwa masa akhir jabatan ialah 5 September. 

"Untuk pemilihan itu kami konsepkan di akhir Agustus, dan untuk kegiatan LD dan AMT untuk kader BEM kami ajukan di tanggal 9 Juli ini. Untuk setiap HMJ jika ingin mengikuti LD dan AMT bisa menunggu di tanggal 9 Juli untuk mengikuti, dan bisa melaksanakan MUA setelah itu," katanya. 

Karena melihat angkatan 2020 mulai dari sertifikat probinmaba, ordik, LD dan AMT presentasenya hanya mencapai 20 persen dari jumlah mahasiswa yang ada. Karena faktor tersebut sehingga BEM di tahun ini melakukan pemerataan di semuanya untuk tidak diadakan LD dan AMT bagi Ormawa hanya tergantung dari HMJ nya masing-masing. 

Aten juga mengatakan kendala yang dialami oleh BEM sehingga tidak mengadakan LD dan AMT ialah secara teknis internal BEM yang anggotanya masih banyak memiliki kesibukan-kesibukan di luar. 

"Karena kebanyakan anggota saya di BEM ialah mahasiswa semester akhir semua, jadi di sisi lain teman-teman kurang berpartisipasi karena tugas akhir. Sehingga untuk LD dan AMT ini sudah pasti akan di adakan di tanggal 9 Juli," paparnya. (Asriani)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.