Adakan Duta Kampus Perdana : Unitri Siap Promosikan Kampus di Internal dan Eksternal

 

Salah satu finalis tiga besar pemilihan duta kampus Roy Priadi, sedang menjawab pertanyaan dari dewan juri di GOR Unitri pada Sabtu, 06/08

Papyrus - Dalam rangka mempromosikan Kampus di Internal dan Eksternal, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang melangsungkan Pemilihan Duta Kampus Perdana, di Gedung Olaharga (GOR) Kampus Unitri. Sabtu, 06/08.

Pemilihan Duta Kampus ini diselenggarakan secara perdana oleh Unitri, dengan tujuan mempromosikan dan menyebarluaskan kampus Unitri kepada publik. Kegiatan ini juga, sekaligus menjadi puncak Dies Natalies Unitri pada 02 Agustus lalu. 

Ketua Pelaksana Dwi Asnawi Nurhananto, S.P., M.P, mengungkapkan, pemilihan duta kampus ini merupakan kegiatan pengganti parade budaya, yang selalu dilakukan di kampus Unitri sendiri. Karena, Unitri merupakan kampus yang memiliki puluhan organisasi daerah. 

"Sebenarnya ada kegiatan parade budaya, namun Karena surat pembatasan covid-19 itu belum di tutup, jadinya saya belum berani mengadakan. Untuk mengganti itu, akhirnya saya punya ide pemilihan duta kampus," ungkapnya.

Dwi menambahkan, pemilihan duta kampus ini, mulai dibuka pendaftaran pada 15 Juli 2022 dan puncak finalnya dilaksanakan hari ini. Sebanyak 49 peserta, yang mendaftar pada pemilihan duta kampus ini. Akan tetapi, setelah melewati tahap seleksi hanya 24 peserta yang lolos. 

"Tahapannya, mereka mengisi google form dan peserta yang lolos selanjutnya mengikuti pembekalan, pemotretan, produksi video profil, tes bakat hingga babak final hari ini. Setelah melewati beberapa tahapan di atas hanya 24 finalis yang lolos. Namun, karena ada beberapa kendala sehingga hanya 18 finalis yang bertahan sampai pada tahap final," tambahnya. 

Proses seleksi pada babak final yaitu tahap enam besar, untuk finalis putra dan putri. Kemudian, akan diseleksi lagi menjadi tiga pemenang yang mana terdapat Runner Up 1 dan 2, serta yang menjadi duta kampus terbaik. 

Diketahui, yang menjadi juri pada pemilihan duta kampus ini yaitu, dari Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (Pusdiwasbang) Rikawanto Muljawan, Hubungan Masyarakat (Humas) Unitri Yuni Lasari dan Brand & Promotion Manager PT. Balatif Satyo Iman Santoso.

Dwi juga mengatakan, tindak lanjut dari pemilihan duta kampus ini, mereka akan dilibatkan dalam kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminal). Mereka juga harus mengenal Unitri lebih jauh melalui humas dan pusdiwasbang, serta akan diperkenalkan dengan duta dari kampus lain. 

"Tindak lanjut dari kegiatan ini, ada yang namanya pekan seni mahasiswa nasional (pekseminal). Jadi, mereka nanti yang akan mempromosikan ke internal maupun eksternal kampus. Kemudian, setiap hari sabtu kita bikin acara yang melibatkan mereka dan pada penerimaan mahasiswa baru nantinya, mereka juga akan dilibatkan didalam proses sosialisasi dan pembekalan," katanya. 

Pemenang duta kampus Unitri tahun 2022 yaitu, adalah Johanes C. Vandem dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Rizkiana Azahra dari prodi Agribisnis. Untuk Runner Up 1 diraih oleh Wahyudi dari prodi Ilmu Komunikasi dan Karolina Lorenza dari prodi Teknik Kimia. Untuk Runner Up 2, diraih oleh Roy Priadi dari prodi Manajemen dan Aisyah Tri Mulyani dari prodi Ilmu Komunikasi.

Runner Up 2 Aisyah Try Mulyani menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan duta kampus ini, yang dilaksanakan secara perdana oleh kampus Unitri sendiri. 

"Saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan duta kampus ini, karena dilaksanakan secara perdana sehingga partisipasi dari mahasiswa juga banyak," ucapnya. 

Sebagai runner up 2 Aisyah mengharapkan, agar mampu mengembangkan potensi dari mahasiswa Unitri yang mungkin belum tersalurkan, dan berpesan kepada para pemenang agar selalu amanah. (Beatriks Uta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.