BPSMI Adakan Peksiminas, Unitri Ikut Serta Dalam Perlombaannya

 

Pamflet pendaftaran Peksiminas yang dikeluarkan oleh Kemahasiswaan Unitri 

Papyrus - Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) bagian Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) menyelenggarakan lomba Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) periode 2022, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, turut ikut serta dalam lomba tersebut. 

Lomba Peksiminas tersebut, memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiwa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa, dan lain sebagainya. 

Koordinator kegiatan Peksiminas Dwi Asnawi Nurhananto, SP., MP mengatakan, Peksiminas tersebut seharusnya dilaksanakan tahun depan. Akan tetapi dimajukan ke tahun ini. 

"Peksiminas itu seharusnya ada nanti di tahun 2023, tetapi dimajukan ke tahun 2022. Kemudian kami juga baru dapat jadwal agak mepet dari Kemendikbud bagian BPSMI," katanya pada Kamis, (18/08). 

Dwi juga menjelaskan, ada tahapan sebelum peksiminas yaitu Pakan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). Yang mana bagi mahasiswa yang lolos, akan lanjut ke tahap peksiminas. 

"Tahapannya sebelum peksiminas ada peksimida, baru yang menang lanjut ke peksiminas. Kemudian di Jawa Timur, tiap-tiap kampus ada seleksi internal di kampus. Jadi, di kampus-kampus kemudian dikirim ke peksimida," jelasnya. 

Lebih lanjut Dwi menambahkan, di kampus Unitri sendiri memiliki Unitri Idol, yang pemenangnya akan dikirim ke Peksiminas. Akan tetapi, saat ini dikirim melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kencono Wungu, dengan genre musik yang dilombakan yaitu Pop. 

"Di kampus misalnya unitri itu dulu ada unitri idol, yang pemenangnya dikirim kesana. Berhubung unitri idolnya tidak ada, maka yang dikirim melalui Kencono Wungu, dan beberapa waktu lalu ada lomba vokal dan kebetulan yang dilombakan pop saja. Padahal di peksimida ada seperti pop, dangdut, keroncong, seriosa, vokal grup, monolog, desain poster, baca puisi dan lain-lain," tambahnya. 

Diketahui ada tiga jalur seleksi dari Unitri, yaitu yang pertama lomba Kencono Wungu, kedua melalui audisi yang selama ini berlangsung, dan yang ketiga melalui rekomendasi dari Kepala program studi, dosen, dekan, serta ukm. Setelah lolos seleksi, mahasiswa akan mengikuti pembinaan selama lima hari. 

Kepala Sub Bagian Bina Karir dan Lulusan itu juga mengungkapkan, peksimida dan peksiminas tahun ini menunjukan Kota Malang sebagai tuan rumah. 

"Peksimidanya daerah se-Jawa Timur, kebetulan tahun ini peksimida dan peksiminas itu tuan rumahnya Malang. Nah, Untuk ketua pelaksana peksimida dan peksiminasnya dari Universitas Brawijaya (UB) semua," ungkapnya. 

Sejauh ini, di kampus Unitri sendiri antusias dari mahasiswa sudah banyak dengan mendaftar melalui lomba, maupun rekomendasi dari KPS dan dekan. Kemudian, sebanyak 14 orang akan didelegasikan ke peksimida.

Unitri sendiri pernah mendapatkan juara vokal grup, tingkat Peksimida dua tahun yang lalu. Sehingga, Dwi pun sangat mengharapkan agar tahun ini Unitri bisa merebut juara di Peksimida hingga Peksiminas.

"Harapan saya, paling tidak untuk tahun ini di peksimida ada yang jadi juara, bahkan sampai peksiminas," tandasnya. (Beatriks Uta/Asriani)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.