Bangun Karakter Generasi yang Unggul, Pusdiwasbang Unitri Adakan Kuliah Tamu

 

Penyampaian materi dari Prof. Dr. H. Aminudin Kasdi, Ms (Guru besar Unesa) di GOR Unitri pada Sabtu, 15/10/2022

Papyrus - Pusat Studi Wawasan Kebangsaan (Pusdiwasbang) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melaksanakan Kuliah Tamu di Gedung Olahraga (Gor), Sabtu, 15/10. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk, melengkapi generasi muda dengan karakter yang Pancasilais. Karena, negara ini perlu dilanjutkan dengan generasi muda yang berkarakter, dan mengamalkan serta melestarikan nilai-nilai Pancasila. 

Wakil Rektor 1, Prof.Dr.Ir. Widowati, MP dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sebagai generasi muda perlu dibangun karakternya, untuk menjadi suatu generasi yang unggul. 

"Para pemateri tentu akan menyampaikan nilai-nilai luhur, untuk melestarikan dan mewariskan kepada generasi muda. Ini penting, supaya nilai luhur bangsa kita tidak mudah terkikis oleh pengaruh asing lewat pemahaman yang akan disampaikan," ujarnya.

Widowati juga menambahkan, agar menjadi orang yang berkepribadian luhur, dan bekerja keras, serta kreatif dan inovatif. 

"Itu harus menjadi kesatuan yang kuat, sebagai mahasiswa yang akan melanjutkan masa depan bangsa. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, akan menjadi momen yang baik. Karena, mahasiswa mempunyai intelektual yang bagus. Tetapi, dibarengi dengan sikap dan karakter yang kurang bagus," ucapnya. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua metode, yaitu secara langsung dengan target 250 mahasiswa. Serta dapat diikuti secara daring, melalui live streaming. Kegiatan tersebut juga, diikuti oleh mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2. 

Adapun pemateri dari kuliah tamu tersebut yaitu Prof. Dr. H. Aminnudin Kasdi, MS (Guru besar Universitas Negeri Surabaya) dan Grace Tjandra Leksana, S.Psi.,M.A.,Ph.D (Pakar sejarah UM). 

Agustinus Ghunu, SE., M.MA., M.AP menyampaikan, tema yang diangkat dari kegiatan kuliah tamu ini adalah "Pribadi Budaya Bangsa Sebagai Character & National Building". Dengan maksud untuk membangun karakter bangsa yang berkarakter. 

"Membangun karakter the next generation. Generasi yang akan melanjutkan negeri ini adalah generasi yang berkarakter Pancasilais," terangnya. (Asriani/Wayan Sayoga Saputra)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.