Dalami Dunia Kepenulisan, UAPM Papyrus Adakan PJTM

 

Fathul Qorib, S.I.Kom.,M.I.Kom sedang menyampaikan materi tentang Feature News kepada peserta PJTM di Bumi Perkemahan Bedengan, Malang. Minggu 23/10/2022
Papyrus -Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Madya (PJTM) di Bumi Perkemahan Bedengan, Minggu, 23/10. 

Kegiatan PJTM tersebut, merupakan pelatihan bagi anggota Papyrus yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Serta merupakan persyaratan utama, untuk menjadi pengurus inti selanjutnya. Pelatihan kali ini, diikuti oleh anggota angkatan tahun 2020 dan 2021, sebanyak 21 orang. 

Pimpinan Umum Papyrus, Asriani mengungkapkan, kegiatan PJTM kali ini mengangkat tema "Journalism : Making the World Meaningful". Artinya, jurnalisme membuat dunia itu lebih bermakna. 

"Tema ini memiliki maksud bahwa, ketika kita menjadi seorang jurnalis, maka kita bisa membuat dunia ini lebih bermakna. Karena, dengan karya dari seorang jurnalislah, kita bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dan diharapkan sesuai dengan fakta dan data," ungkapnya. 

Asri mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 itu juga mengatakan, bahwa kegiatan PJTM kali ini terhitung yang kedua kali dilaksanakan dengan tahun sebelumnya. Serta kegiatan ini, sangat penting bagi anggota Papyrus sendiri. 

"Jadi kegiatan PJTM kali ini, merupakan kegiatan kedua, setelah di tahun sebelumnya juga dilaksanakan. PJTM ini sangat penting, karena setelah PJTD kita belajar dasarnya. Maka, di PJTM ini kita lebih mendalami lagi jurnalistik itu," ujarnya. 

Ketua Pelaksana Paskalis Lisa menyampaikan, PJTM kali ini terdapat dua materi yang disampaikan. Yang mana materi pertama tentang Jurnalis Sastrawi, dengan pemateri Latif Fianto, S.I.Kom.,M.I.Kom dan materi kedua tentang Feature News dari Fathul Qorib, S.I.Kom.,M.I.Kom.

"Kemudian setelah peserta menerima materi, mereka akan langsung praktik meliput dan membuat berita feature. Tujuannya, agar pelatihan ini bisa benar-benar dimengerti oleh peserta dan juga bisa terjun langsung dalam menulis feature news," ucapnya. 

Paskalis juga berharap, agar dengan kegiatan ini anggota Papyrus bisa lebih berkualitas, dan menjadi wartawan yang keren. 

"Harapannya setelah PJTM ini, ilmu yang sudah diberikan bisa diterapkan, untuk mengembangkan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus, agar lebih berkualitas. Serta, kita bisa menjadi wartawan yang keren dalam berkarya," harapnya. (Martini)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.