Kenali Cara Produksi Berita, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unitri Adakan Kunjungan Media JTV


Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Unitri sedang mempraktikkan menjadi presenter berita televisi, di studio JTV Malang, Rabu, 11/01

Papyrus - Dalam rangka memperkenalkan cara memproduksi berita, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi angkatan tahun 2021 Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melakukan kunjungan ke Media JTV Malang, Rabu, 11/01.

Kunjungan ini merupakan, kegiatan rutin dari prodi ilmu komunikasi, yang dilandasi mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik, serta bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himakom) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus.

Dosen Pengampu mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik Fathul Qorib S.I.Kom., M.I.Kom mengatakan, tujuan dari kunjungan ini sebagai wadah mahasiswa ilmu komunikasi, untuk bisa belajar secara langsung ke praktisi dan media massa.

"Tujuan dari kunjungan media dalam rangka belajar. Karena, sebagai anak komunikasi kita harus memahami, cara kerja di media massa termasuk manajemennya, serta praktik memproduksi berita secara langsung," katanya.

Fathul menjelaskan, dalam mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik, mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok. Di mana, 2 kelompok melaksanakan kuliah tamu, dan 2 kelompok lainnya melaksanakan kunjungan media. 

"Untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini, sebanyak 110 orang. Kita membaginya dalam 4 kelompok. Kelompok pertama dan kedua, mengadakan kuliah tamu dengan presenter dari INews, dan kepala Biro Antara di Papua. Kelompok tiga, mengadakan kunjungan ke Radar Malang, dan kelompok terakhir kunjungan ke JTV Malang," jelasnya.

Fathul pun berharap, agar mahasiswa yang berkunjung ke JTV, bisa menjadi jurnalis televisi. Sehingga, bisa memotivasi adik-adik tingkatnya. 

"Sampai sejauh ini, belum ada teman-teman dari prodi komunikasi yang menjadi jurnalis televisi. Semoga, dengan kuliah di komunikasi Unitri, teman-teman bisa belajar, menjadi profesional, serta menjadi motivasi ke adik-adik tingkatnya," harapnya.  

Manager Produksi JTV Malang M. Soel Tony menyampaikan, agar mahasiswa Unitri mencintai dan mempelajari, menjadi seorang jurnalis. Sehingga, bisa mengambil berita atau gambar, dan menyampaikannya kepada pemirsa.

"Ayo mahasiswa komunikasi Unitri, cintai dan pelajari cara menjadi seorang jurnalis, mengambil berita dan gambar. Sehingga, pemirsa atau orang yang menonton video kita jadi terkesan," tuturnya. 

Tony menegaskan, mahasiswa ilmu komunikasi Unitri bisa melakukan magang di JTV, dan akan ditempatkan pada bagian editor, presenter, serta reporter. 

"Kalian bisa Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di JTV, jika masih ada kuotanya. Nanti, akan ditempatkan pada bagian editor, reporter dan lain-lain. Karena, kita juga menyediakan macam-macam posisi di sini," pungkasnya. (Jhon Stone/Dela)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.