Fakultas Pertanian Unitri, Gelar Lomba Inotek bagi Pelajar SMK se-Jawa Timur

Peserta lomba dari SMKN Sunan Ampel Poncokusumo sedang mengikuti lomba rancang bangun taman berbasis nilai ekonomi, di Science Technopark Unitri, Kamis, 02/03

Papyrus - Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, menggelar kegiatan Lomba Inovasi dan Teknologi (Inotek) bagi seluruh pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Timur di Science Technopark Unitri, Kamis, 02/03.

Kegiatan ini merupakan, program tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian, dan sudah diadakan sebanyak dua kali. Dengan tema "Kreasi Agroenterpreneur Muda untuk Inovasi Pertanian". 

Lomba tersebut sudah dimulai sejak beberapa minggu lalu. Peserta lomba mengirimkan video serta dinilai oleh para juri, dan hari ini adalah acara puncaknya yang dilaksanakan selama satu hari.

Wakil Pelaksana Rizki Alfian, S.Sari.,M.Si menyampaikan, kegiatan ini guna mendukung inovasi baru di bidang pertanian, serta memberikan beasiswa bagi siswa-siswi SMK ke jenjang perguruan tinggi. 

“Bisa mendukung munculnya inovasi baru di bidang pertanian. Kemudian memberikan ruang bagi siswa-siswi, untuk dapat melanjutkan beasiswa ke perguruan tinggi dengan beasiswa dari Unitri,” sampainya.

Rizki melanjutkan, lomba tersebut terbuka bagi seluruh SMK se-Jawa Timur khususnya jurusan pertanian. Terdapat tiga kategori lomba yaitu Hortypreneurship varian produk, rancang bangun taman berbasis nilai ekonomi, serta kesehatan dan agribisnis ternak unggas.

“Tiga kategori lomba yaitu, Hortypreneurship varian produk, rancang bangun taman berbasis nilai ekonomi, serta kesehatan dan agribisnis ternak unggas. Ada 56 siswa yang mengikuti lomba dari 16 SMK se-Jawa Timur, dan setiap kelompok maksimal 3 siswa,” lanjutnya. 

Peserta lomba yang juara akan mendapatkan sertifikat, uang tunai dan beasiswa bebas Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama 4 tahun di fakultas pertanian kampus Unitri. 

Kepala Program Studi (KPS) Arsitektur Lanskap (AL) Unitri itu juga mengatakan, dari setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) fakultas pertanian ikut berpartisipasi. Di mana, ada beberapa produk yang dipamerkan dalam lomba tersebut. 

“Beberapa himpunan memiliki produk khusus, dan dipamerkan atau di display pada lomba ini. Terus ada partisipasi atau sponsorship dari Telkomsel, Bank Negara Indonesia (BNI), Buno Kawan Cafe dan lain-lain,” katanya.

Kegiatan lomba Inotek ini, diapresiasi oleh Rektor Unitri Prof. Ir. Eko Handayanto, M.Sc., Ph.D dengan menanggapi bahwa, sangat bagus karena bisa melibatkan beberapa pihak.

“Kegiatan ini sangat bagus, dan ini pasti melibatkan juga semua dosen dan mahasiswa. Apalagi pertanian sebagai tulang punggung kita sampai kapan pun. Pertanian itu tidak ada kata bangkrut, hanya mungkin lahannya menyusut tapi tidak hilang,” ujarnya.

Selain itu Eko menuturkan, kegiatan ini sebagai tujuan jangka panjang agar siswa-siswi bisa berinovasi di usia muda. Sehingga, ketika memasuki perguruan tinggi sudah memiliki bekal. 

“Kita ajak anak-anak yang masih SMK, lebih berkreasi supaya nanti waktu kuliah mereka jangan kaget. Kemudian, memperkenalkan kampus Unitri kepada mereka, kalau mereka kenal pasti ada yang kuliah di sini. Sehingga akan lebih banyak mahasiswa yang beragam dari berbagai daerah," tuturnya. (Beatriks Uta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.