Unitri Gelar Pilmapres 2023, Fathul Qorib : Mahasiswa Harus Aktif Cari Prestasi

Kepala Bidang Penalaran Biro Kemahasiswaan Unitri, Fathul Qorib, S.I.Kom, M.I.Kom saat mendampingi peserta Pilmapres dalam mempresentasikan video gagasan kreatif, di Studio Unitri TV, Senin, 10/04

Papyrus - Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menggelar kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas di Studio Unitri TV, Senin, 10/04.

Mahasiswa yang terpilih Pilmapres tingkat Universitas, akan dikirim pada tingkat wilayah Jawa Timur. Nantinya, mahasiswa yang terpilih, akan diikutsertakan dalam ajang Pilmapres tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kepala Bidang Penalaran Unitri, Fathul Qorib, S.I.Kom., M.I.Kom mengatakan, proses yang dilakukan dalam Pilmapres 2023 ini. Di mulai dari sosialiasi kepada Kepala Program Studi (Kaprodi) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

“Kita melakukan sosialisasi kepada Kaprodi, kemudian ke Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Setelah itu, biro kemahasiswaan mendamping mahasiswa membuat karya tulis, berupa gagasan kreatif tertulis dan juga dalam bentuk video yang dipresentasikan dalam Bahasa Inggris,” jelasnya.

Fathul juga menuturkan, terdapat beberapa kriteria penilaian dalam Pilmapres, diantaranya capaian unggulan di tingkat Nasional hingga Internasional. 

"Penilaiannya ada capaian unggulan, yaitu prestasi tingkat Nasional hingga internasional. Misalnya, mendapatkan penghargaan dari Jokowi, menerbitkan buku, fotografi, monumental, membuat aplikasi berdasarkan AI atau teknologi. Nah, itu bisa diakui prestasinya," tuturnya. 

Dosen Ilmu Komunikasi itu juga menyampaikan, mahasiswa dan prodi harus aktif mencari kompetisi yang sesuai dengan bakat, sehingga nantinya berprestasi.

"Mahasiswa dan program studi (Prodi) harus aktif mencari kompetisi, lomba atau penghargaan yang sesuai dengan bakat yang dimiliki mahasiswa. Sehingga, atmosfer berprestasi ke depannya lebih luas dan bukan hanya berfokus pada akademik," sampainya.

Pilmapres 2023 ini, diikuti oleh 13 perwakilan mahasiswa dari seluruh prodi di kampus Unitri. Dari belasan perwakilan ini, hanya akan satu mahasiswa yang nantinya akan dikirim ke wilayah Jawa Timur untuk bersaing di tingkat nasional. 

Salah satu mahasiswa peserta Pilmalpres Unitri Beatriks Uta mmenyampaikan sangat beryukur bisa menjadi mahasiswa yang direkomendasi oleh Kaprodi untuk mengikuti kompetisi Pilmapres ini.

“Saya sangat senang dan bersyukur, karena bisa menjadi salah satu perwakilan dari prodi ilmu komunikasi dalan kompetisi Pilmapres tahun ini. Apa pun hasilnya nanti, intinya saya sudah berjuang semampunya, dan kalau gagal berarti belum rejekinya saya,” ujarnya. (Fathur)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.