Header Ads

ad

Berkat Tlaten dan Ulet, Rezeki dari Berkebun Jeruk Memenuhi Kebutuhan Hidup


Lpm-papyrus.com - Seorang petani di Desa Selorejo Kabupaten Malang dapat memenuhi kebutuahn hidupnya dengan cukup baik dari hasil perkebunan jeruk yang ia kembangkan, dengan uletnya ia mengembangkan perkebunan jeruk tersebut sejak tahun 1986, sebut saja bapak Haji Sulaiman, beliau merupakan seorang tokoh yang berperan dalam perkebunan jeruk hingga saat ini. ( 1/12/2016).

Dari perkebuanan jeruk yang ada di desa selorejo total keseluruhan hinnga saat ini mencapai 300 hektare, dari jumlah keseluruhan tersebut merupakan milik warga sekitar Desa Selorejo, yang di antaranya merupakan milik dari bapak haji Sulaiman. dalam satu hektare kebun mampu menghasilkan buah kurang lebih 60 sampai 70 ton dalam setiap panenya. Tidak hanya itu beliau juga menyampaikan “ biasanya jika buah lagi bagus mampu memanen kisaran 60 sampai 70 ton, kalo untuk penghasilan dalam satu kali panen bisa mencapai 150 juta sampai 200 juta” jelasnya.

Tidak hanya itu dalam melaksanakan pekerjaan perkebunanya seperti, pemanenan dan perawatan pohon biasanya beliau mempekerjakan orang tergantung kebutuhan dan pekerjaan yang akan di laksanakan di lahan, terkadang hanya 2 orang dan bisa lebih dari itu, jika untuk penyiangan bisa sampai 10 atau 15 orang. Beliau juga menyampaikan untuk biaya perawatan perpohon jika di kalkulasikan “ ya kalo untuk biaya perawatan perpohon bisa mencapai sekitar Rp 35.000( tiga puluh lima ribu rupiah) minimal,kalo maksimal bisa mencapai Rp 50.000( lima puluh ribu rupiah ) kalo biaya total perawatan dalam satu hektare bisa mencapai 40 juta” Jelas Sulaiman petani jeruk. (Krm)

No comments