Header Ads

ad

Unitri Menyentuh Masyarakat Melalui Pelatihan Kripik Salak

Tim dosen gabungan Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang adakan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) kepada ibu-ibu rumah tangga Sumbergondo, Batu. Kegiatan yang di ketuai oleh Dra. Poppy Indrihastuti, MM ini dimulai dari bulan April sampai dengan Oktober 2017.

Dengan beranggotakan Karunia Setyowati, SPt, MP dan Retno Ayu Dewi Novita, SE., MM, Poppy memberikan penyuluhan kepada masyarakat berupa pendampingan bisnis wirausaha dan pemasaran, pelatihan pembukuan usaha, pelatihan pembuatan keripik salak, pelatihan penggunaan mesin vacum frying dan pelatihan pengemasan dan pelabelan serta pelatihan pemasaran menghadapi persaingan usaha.

Melalui kegiatan IbM ini Poppy berharap para ibu rumah tangga di Sumbergondo bisa mendapatkan tambahan penghasilan dan melatih kemandirian berwirausaha termasuk didalamnya siap menghadapi persaingan bisnis dengan pemasaran yang baik dalam usaha bisnis keripik salak.

Sementara dari kelompok binaan diketuai oleh Umi Robika. Robika menuturkan yang menjadi kendala dalam usaha keripik salak ini memang dalam persaingan menghadapai para pelaku pasar yang memproduksi produk sejenis.

Namun dari tim dosen Unitri tetap optimis bisa bersaing dengan kompetitor mereka yang ada di kota Batu. Untuk mensiasati persaingan, tim dosen unitri tak hanya memupuk rasa optimis menghadapi persaingan para pelaku usaha binaannya, tapi juga dengan kiat-kiat jitu seperti menjaga ke higienisan produk mulai dari processing sampai dengan pengemasan. Selain itu promosi produk ke toko-toko maupun getok tular, selain itu juga di internet dan sosial media seperti facebook. Dan tak kalah penting untuk tetap menjaga mutu produk dan pengemasan dibuat semenarik mungkin sehingga menggugah pembeli untuk mau membeli produk keripik salak. Adapun produk kripik salak ini dinamai produk "LEZARIH" yang merupakan kependekan dari lezat dan gurih.

Kegiatan ini selain diikuti Eri Yusnita Arvianti SP., MP selaku pembina pembukuan juga di ikuti oleh tim mahasiswa yang terdiri dari Fakultas Pertanian dan Ekonomi. Kegiatan ini di bina langsung oleh Dr. Cahyo Sasmito yang sudah berkecimpung lama di dunia bisnis keripik olahan, selain itu  usaha.(dot-ibe)

No comments