Rayakan Ultah Prodi, Konsentrasi Jurnalistik Unitri Luncurkan Karya

Rayakan Ultah Prodi, Konsentrasi Jurnalistik Unitri Luncurkan Karya
Buku Hasil Karya Mahasiswa Unitri, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik 


Papyrus - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang launching buku berjudul "Kritik Diri Mahasiswa" Minggu (9/7/2020).

Buku tersebut merupakan buku pertama yang ditulis oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik angkatan 2017.

Buku "Kritik Diri Mahasiswa" juga di launching bertepatan dengan ulang tahun Program Studi Ilmu Komunikasi yang ke-15 tahun.

Buku setebal 180 halaman ini mengupas tuntas tentang kritikan terhadap mahasiswa yang ditujukan penulis agar bisa sadar terhadap peran dalam kehidupannya, serta juga berisikan pengalaman-pengalaman, baik pengalaman diri sendiri serta pengalaman orang lain yang dibukukan menjadi satu.

Hal ini disampaikan langsung oleh salah satu penulis Eman Leto, Ia mengatakan bahwa disaat sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang masih berlindung dibawah zona nyaman, tetapi zona nyaman tersebut belum tentu aman bagi mereka.

"Zona nyaman belum tentu aman, ini adalah karya saya yang menceritakan kehidupan mahasiswa yang dininabobokan dalam zona tersebut dan tidak memulai hal-hal baru. Nah dengan buku  yang saya tulis ini mengajak mahasiswa agar tergerak dan keluar dari zona nyaman ini," ungkap Eman salah satu mahasiswa semester 7.

Eman melanjutkan didalam penulisan buku tersebut banyak sekali hambatan yang terjadi, tetapi tekad dan semangat tidak pudar untuk tetap menulis dan menghasilkan karya.

"Ini menjadi kenangan bagi kita bahwa kita sudah menghasilkan karya bersama-sama dalam satu buku meski hambatan cukup banyak namun kita tetap semangat dan Puji Tuhan kita bisa menyelesaikannya," ujar Eman.

Buku ini juga merupakan output dari mata kuliah Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana yang ada di konsentrasi jurnalistik.

Dalam prestasi ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi mendapatkan apresiasi penuh oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Fathul Qorib S.I.Kom, M.I.Kom

Qorib mengatakan cukup bangga sekali karena sebelumnya belum ada mahasiswa yang sudah memiliki karya di mata kuliah Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana.

"Didalam Kepenulisan Artikel dan Tajuk rencana ini mahasiswa dituntut untuk bisa menulis artikel, opini, esai, serta bisa menganalisa tajuk rencana yang ada di media massa dan alhamdulillah mahasiswa dapat menghasilkan karya dan menjadi buku. Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua baik dosen dan mahasiswa," ungkapnya.

Fathul Qorib melanjutkan, ini merupakan suatu hal yang sangat luarbiasa karena sangat jarang sekali orang yang bisa mengkritik diri mahasiswa didalam setiap kehidupannya.

"Isinya ada yang mengkritik tentang mahasiswa yang suka main game, dan juga kritikan bagi mahasiswa yang belum memiliki karya dan kemampuan namun meminta nilai yang bagus kepada dosen," tambahnya.

Fathul Qorib berpesan kepada seluruh mahasiswa  tetap semangat kedepannya sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang bisa dipublikasikan bersama.

"Saya berharap kepada seluruh mahasiswa Jurnalistik terutama dan umumnya kepada seluruh mahasiswa ilmu komunikasi, agar bisa menghasilkan suatu karya yang lebih banyak lagi. Terkhusus angkatan 2018 yang akan menempuh mata kuliah Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana tentunya saya berharap nantinya juga dapat berhasil menciptakan minimal 1 karya sehingga kita bisa launching untuk tahun depan," tutupnya. (Ecak/Hanif)

No comments