Bentuk Karakter Calon Wartawan Kampus, LPM Papyrus Adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Foto bersama para peserta beserta pembina dan pengurus LPM Papyrus  

PapyrusLembaga Pers Mahasiswa (LPM ) Papyrus, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, laksanakan Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar (PJTD) bertempat di Bumi Perkemahan Bedengan, Senin (5/4/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, mengangkat tema "Smart Journalist Think Creatively". Kegiatan ini juga di hadiri  oleh 3 pemateri dan masing-masing pemateri menyampaikan materi yang berkaitan dengan ilmu kewartawanan.

Hanifudin Musa selaku Pimpinan Umum LPM Papyrus menyampaikan kegiatan PJTD kali ini berbeda dengan sebelumnya yang dimana proses pelaksanaan dan konsep yang dibuat panitia sangat membantu membentuk karakter peserta calon wartawan.

"Saya sangat mengapresiasi kepada kepanitiaan karena konsep PJTD kali ini sangat berbeda, yang dimana mereka lebih memberikan banyak permainan dan juga jumlah peserta sangat banyak yakni 37 peserta yang terdaftar menjadi anggota Papyrus,” ungkapnya.

Hanif juga menambahkan tujuan dari kegiatan PJTD ini adalah memberikan bekal atau pengetahuan yang mendasar terkait ilmu kewartawanan sebelum menjadi wartawan yang handal.

"Sebelum teman-teman menjadi anggota wartawan yang benaran, maka wajib mereka mengetahui terkait ilmu kewartawanan sebelumnya seperti kode etik jurnalistik, penulisan berita dan membina mental, agar bisa meliput berita tanpa ada rasa ragu. Dan juga untuk selanjutnya kami akan membimbing mereka selama 1 minggu untuk melatih menulis berita yang benar setelah itu baru mereka meliput berita dengan sendiri ataupun dibagi dalam kelompok liputan,” pungkasnya.

Maria Diana Kemba selaku ketua pelaksana mengapresiasi kepada semua panitia yang begitu semangat dalam membimbing serta mengkoordinir anggota baru meski dalam situasi yang kurang kondusif.

"Saya selaku ketua pelaksana sangat mengapresiasi kerja dari panitia karena semangat mereka yang luar biasa hingga kegiatan ini berjalan lancar, meski cuaca yang sangat buruk tetapi mereka sangat kompak membimbing dan melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Dian juga mengharapkan kepada semua anggota baru LPM Papyrus untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang wartawan dan tetap memegang teguh pada kode etik jurnalistik. Dia juga menambahkan semoga semua wartawan LPM Papyrus tetap kompak dan semangat dalam melaksanakan liputan setiap hari.

"Harapan saya sebagai ketua pelaksana semoga teman-teman yang baru selalu semangat dalam melaksanakan tugas sebagai wartawan dan semoga kekompakan dan kebersamaan selalu tertanam dalam diri agar mampu membangun dan membawa LPM Papyrus kedepanya lebih baik,” tutupnya. (Shelo)

2 comments: