Gempa Susulan Minggu Pagi Guncang Malang, Ini yang Terjadi

Titik pusat gempa (Foto : Internet)
Papyrus - Gempa susulan kembali mencemaskan warga Malang, meski lebih rendah dari gempa sebelumnya, gempa susulan tersebut berkekuatan 5,5 SR dengan kedalaman 98 km, Minggu (11/04/2021).

Berpusat 80 km Barat Daya Kab-Malang-Jatim, dirasakan juga dibeberapa tempat seperti, Pacitan, Wonogiri, Trenggalek, Nganjuk, Ponorogo, Blitar, Gunung kidul, Bantul, Kulonprogo.

“Gempa yang dirasakan 5,3 pagi tadi merupakan bagian dari rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa utama (mainshock)  kemarin yang berkekuatan 6,1 terjadi pada hari Sabtu,(10/04/2021) pukul 14.00.16 WIB,” tulis Dr. Daryono, S. Si, M.Si, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami dalam akun twitter miliknya @daryonoBMKG.

Dalam akun twitter @daryonoBMKG, menerangkan bila hingga hari minggu pagi ini, dilihat dari hasil monitoring BMKG tercatat telah terjadi aktivitas gempa susulan sebanyak 8 kali, berkisar 3,1 hingga 5,3 SR.

“Kekuatan yang relatif  kecil untuk memancing bangkitnya tsunami, karena memang hiposenternya cukup dalam, yaitu 102 km,” tulisnya.

Gempa susulan ke-8 pagi ini pukul 06.54.58 WIB merupakan guncangan gempa tektonik yang turut dirasakan wilayah Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Akibat gempa 6,1 kemarin mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan rumah di Jatim, hal tersebut sebagai cerminan masih lemahnya mitigasi struktural pembangunan. (Rinda)

2 komentar: