Tingkatkan Kualitas Diri Wartawan Kampus, Papyrus Unitri Adakan PJTD

Para Peserta tengah mendengarkan materi yang disampaikan pemateri

Papyrus - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus, Universitas Trhibhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di Bumi Perkemahan Bedengan Malang, Kamis 27/01.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh UKM Papyrus setiap tahun, yang bertujuan untuk merekrut calon wartawan dan anggota baru dalam UKM LPM Papyrus sendiri, sehingga adanya regenerasi wartawan di dunia kampus. 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan mengangkat Tema "Born To Be Journalist" dan diikuti oleh puluhan peserta, pembina LPM Papyrus, Dosen ilmu komunikasi, serta senior-senior dari UKM LPM Papyrus Unitri. 

Pembina LPM Papyrus Fathul Qorib S.I.Kom, M.I.Kom mengatakan kepada anggota yang telah mengikuti LPM Papyrus merupakan sesuatu yang luar biasa, karena selain menjalankan kegiatan-kegiatan di dalam organisasi pers kampus, tetapi dituntut juga untuk berkarya. 

"Menurut saya teman-teman yang mengikuti LPM Papyrus merupakan sesuatu yang luar biasa, karena UKM pers kampus bukan saja melaksanakan kegiatan organisasi secara terus menerus tetapi juga merupakan organisasi berkarya," ucap mantan KPS Himakom.

Dosen yang akrab disapa Fathul ini juga menambahkan, para anggota diharuskan untuk berkarya terutama di bidang jurnalistik, seperti menulis berita, menulis opini, artikel, sastra maupun menjadi seorang reporter. 

"Mereka harus rajin dalam berkarya agar meningkatkan kualitas diri sendiri, sehingga tidak hanya aktif dalam organisasi  tetapi harus bisa melaksanakan kegiatan harian seperti menulis berita," tambah Kabag Kemahasiswaan tersebut. 

Pimpinan Umum, UKM-LPM Papyrus Unitri, Maria Diana Kemba, mengungkap alasan dari  kegiatan PJTD yang selalu dilakukan di alam adalah agar para peserta merasa lebih santai dan juga materi yang diterima tergolong sedikit dalam waktu dua hari.

"Konsep PJTD di LPM Papyrus sendiri, selalu lakukakan di alam. Selama di alam peserta tidak lebih banyak memberikan materi, tetapi lebih santai dan materi yang diberikan juga hanya 3 yakni Sejarah LPM Papyrus, 9 Elemen Jurnalistik dan juga sejarah Pers dan PPMI," ungkapnya. 

Adapun harapan PU Papyrus Unitri tersebut kepada semua anggota baru, agar selalu setia kepada Papyrus sampai kapan pun sehingga bisa melanjutkan roda organisasi di Papyrus sendiri.

"Harapan besar saya kepada anggota baru, tetap setia pada Papyrus dan mereka bergabung bukan karena sebuah keterpaksaan ataupun ikut ramai tetapi niat mereka sendiri serta semoga generasi ini nantinya yang akan melanjutkan roda organisasi di Papyrus," harapnya. (Beatriks Uta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.