Pemimpin Redaksi LPM Papyrus Unitri : Menjadi Jurnalis Adalah Tugas Menantang

Tengah Berlangsungnya Penyampaian 9 elemen Jurnalistik oleh Pimred (tengah)  dan Demisioner Pimred (kanan) Papyrus

Papyrus - Dalam Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar  (PJTD) yang di selenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang Pimpinan Redaksi bersama Demisioner dalam materi '9 elemen jurnalistik' menyampaikan bahwa menjadi seorang Jurnalis adalah sebuah tugas yang menantang, Kamis 27/01.

Pers merupakan salah satu bagian dari 4 tongkat estafet Negara Repoblik Indonesia setelah 3 elemen lainnya yaitu Eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Sebagai sumber informasi dan pengendali informasi, tentu hal ini juga perlu di ketahui dan di pelajari oleh mahasiswa terutama yang memiliki minat dibagian kepenulisan dan jiwa sebagai seorang wartawan.

Meskipun demikian menarik, menjadi seorang wartawan bukan menjadi suatu hal yang mudah. Seperti yang di sampaikan oleh Pimpinan Redaksi UKM-LPM Papyrus Unitri, Rinda Aulia Putri dalam penyampain materi PJTDnya.

"Menjadi seorang wartawan atau seorang jurnalis merupakan sebuah tugas yang cukup sulit. Karena kita harus mampu bertanggung jawab untuk aktual dari infomasi yang kita sampaikan kepada masyarakat," ungkapnya dalam penyampaian materi pada 26/01.

Diketahui dalam pelatihan PJTD ini, anggota baru diberikan materi terkait 9 elemen jurnalistik yang berkaitan dengan dunia pers itu sendiri.

Dimana 9 elemen jurnalistik ini merupakan sebagai pedoman dasar yang perlu diketahui oleh seorang wartawan atau jurnalis pemula.

Demisioner Pimpinan Redaksi UKM-LPM Papyrus Unitri, Yohana Yelima Sita. Menjelaskan bahwa informasi yang disajikan dan dinikmati masyarakat tidak lepas dari peran penting dari seorang jurnalis.

"Segala informasi yang dinikmati oleh masyarakat, baik itu lewat media, seperti media sosial, elektronik dan lainnya merupakan hasil karya dan tidak lepas dari peran jurnalistik itu sendiri," jelasnya.

Meskipun jurnalistik memiliki peran dalam pengungkapan fakta dan informasi, namun banyak juga tantangan yang dimiliki oleh seorang jurnalis sehingga seorang jurnalis harus berpedoman pada informasi yang aktual. (Sukacita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.