Mengenal Neova Band Unitri, Yang Lolos Audisi Senja Fest 2022

 

Foto bersama enam orang personil Neova Band pada saat lolos audisi Senja Fest tahun 2022 pada Sabtu, (20/08)

Papyrus - Neova Band Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, berhasil lolos audisi festival musik yang diselenggarakan oleh Senja Fest tahun 2022. Neova akan tampil di Senja Fest bersama dengan artis Nasional seperti Endah dan Rheza, Fiersa Besari, Danilla, Adhitia Sofyan, Rivaldi dan Danar.

Senja Fest merupakan festival musik yang menjadi wadah kreativitas, sebagai jembatan antara musisi dan penggemarnya, untuk menikmati sajian musik yang berbeda dari konser biasanya. Yang mana memadukan unsur alam serta culture, sehingga menjadikan pengalaman menarik untuk musisi yang akan perform dan penggemar yang hadir di festival musik senja.

Drummer Neova Band Dicky Dandi Chandra menjelaskan, band ini terbentuk pada tahun 2020 dengan nama RS Coustic. Sejak awal terbentuk, band ini terus mengganti nama hingga akhirnya dikenal dengan nama Neova Band. 

"Awalnya band ini bukan neova namanya, tetapi yg pertama kali itu RS Coustic, terus ganti lagi D'fun Coustic dan akhirnya ketemu nama yg estetik yaitu Neova Band (Borneo Java). Karena di band ini semuanya orang Kalimantan dan Jawa, yang awalnya berjumlah 6 orang dan sekarang menjadi 5 saja," jelasnya, saat diwawancarai via online pada Senin, (22/08). 

Lebih lanjut Dicky mengatakan, dari awal berdiri Neova Band tidak pernah mengikuti event besar seperti senja Fest. Neova sendiri adalah band cafe, dan baru beberapa bulan dinaungi oleh salah satu dosen di kampus Unitri. 

"Awal berdiri tidak pernah mengikuti event-event besar seperti Senja Fest. Karena band ini awal mulanya band cafe, dan baru beberapa bulan ini sampai sekarang neova dinaungi oleh salah satu dosen di Unitri Bapak Dwi Asnawi. Hal ini menjadi penghargaan pertama bagi kami di dunia musik," lanjutnya. 

Diketahui Neova lolos di Senja Fest 2022, setelah melewati dua kali audisi yaitu audisi tingkat kota dan tingkat provinsi. Selain Neova untuk kategori grup band, Senja Fest juga meloloskan solo singer Donna Angel (Malang) dan Dicky (Sidoarjo).

Saat mengikuti audisi Senja Fest, Neova band memiliki 6 orang personil, yaitu Rasika Putri dan Parlan Antonius sebagai vocalis, Dicky Dandy sebagai drummer, Doni sebagai bassist, Sukardi dan Hendri sebagai gitaris. Hendri sebagai pemain tambahan, yang merupakan mahasiswa Magister Administrasi Publik Unitri, dan 5 orang lainnya adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Unitri. 

Dicky juga mengungkapkan, persiapan mengikuti audisi hanya beberapa hari saja, dengan menggunakan Cafe Ruang Singgah Malang sebagai tempat latihan. 

"Persiapan kami hanya beberapa hari untuk latihan, dari sore sampai malam. Walaupun hanya dua lagu yg di bawakan, tetapi kami harus mempersiapkannya dengan baik. Kami juga berterima kasih kepada Cafe Ruang Singgah, yang sudah memberikan tempat dan sound untuk latihan, ditambah lagi dengan additional player (pemain tambahan) yaitu mas Hendri yang sangat membantu band kami lolos," ungkapnya. 

Di akhir wawancara Dicky menerangkan, banyak lika-liku yang dihadapi oleh Neova band, diantaranya pergantian personil setelah lulus dari Unitri. Dicky pun berpesan kepada kepada mahasiswa unitri, agar keluar dari zona nyaman untuk mencari pengelaman baru. 

"Mungkin di kampus kita, banyak mahasiswa yg suka seni baik itu musik, tari, melukis, akting dan lain-lain. Ayo keluar dari zona nyaman, dan cobalah untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman baru. Mumpung masih di perantauan, jadi ambil kesempatan sebaik-baiknya," pesannya. (Beatriks Uta)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.