Kuliah Tamu Komunikasi, Andromeda: Presenter Hebat Paham Artikulasi

Sedang berjalannya diskusi, Presenter TvOne Andromeda Mercury (kiri) dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi (kanan)

Papyrus - Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Kuliah Tamu secara daring dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa bidang Presenter dan News Anchor bersama TV One Jumat, 15/04.

Kuliah tamu yang digelar oleh Prodi Ilmu Komunikasi tersebut merupakan kegiatan tahunan. Kuliah tamu yang dilakukan tersebut merupakan kegiatan prodi ilmu komunikasi yang di handle oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi.

Kegiatan tahunan tersebut dilakukan secara daring, sehingga kuliah tamu yang berlangsung pada tahun ini dilaksanakan melalui jaringan online, Zoom meeting. Namun meski dilakukan secara online, tidak mematahkan semangat mahasiwa Ilmu Komunikasi Unitri dalam proses penimbaan ilmu. 

Berjumlah sekitar dua ratus mahasiswa Ilmu Komunikasi berantusias serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu, dihadiri pula oleh dosen Ilmu Komunikasi dari awal berlangsungnya kegiatan hingga selesai.

Dalam gelaran kuliah tamu, dihadirkan Presenter dari TvOne Andromeda Mercury, yang merupakan pemateri dalam kuliah tamu yang bertema “Menjadi Presenter dan News Anchor”. Ia memaparkan materi terkait dunia Presenter serta beberapa tips dan trick yang menarik untuk menjadi seorang Presenter handal.

Andro menyampaikan bahwa menjadi seorang presenter yang hebat sangat penting untuk memahami komponen vocal dari artikulasi, intonasi, interpretasi , teknik pernapasan, gesture dan kontak mata. Selain itu mahasiswa diarahkan oleh seorang staf  TvOne, Apriano Perkasa ke ruangan kerja untuk mengenal lebih dalam terkait proses produksi media dan konten lainnya di TvOne.

Kepala Program Studi (KPS) Ilmu Komunikasi, Asfira Rachmat Rinata, S.I.Kom., M.Med.Kom,  menyampaikan bahwa kegiatan kuliah tamu yang dilaksanakan tersebut, semestinya dilakukan secara langsung, karena menjadi bagian dari Studi Excursie (SE), namun karena pandemi, kuliah tamu tersebut dilakukan secara online.

“Jadi virtual room tour, yang kita lakukan hari ini seakan-akan kita melakukan SE meski menggunakan online,” ungkapnya.

Ia melanjutkan kuliah tamu yang dilakukan tersebut untuk mengenalkan kepada mahasiswa lebih dalam terkait bidang media. Dari proses pekerjaan dan produksi Media serta terkait berita, menjadi presenter secara lebih dalam dunia lapangan kerja.

“Paling tidak mahasiswa tahu bagaimana proses bekerja di media, terlebih lagi di TvOne apalagi terkait produksi-produksi berita dan yang lainnya,” ungkapnya.

Asfira berharap kepada mahasiswa ilmu komunikasi, membuka diri dan up to date. Serta perlu beradaptasi dengan media untuk meningkatkan kreativitas, pengembangan bakat minat dari setiap konsentrasi Ilmu Komunikasi di Unitri.

“Untuk bekerja di Media sekarang tidak hanya dari jurusan ilmu komunikasi tapi mahasiswa yang memiliki peminatan yang sesuai dengan hobi teman-teman, karena menjadi apapun itu tergantung komitemen,” lanjutnya.

Ketua HMJ, Frederikus Bintang Hayati, menyampaikan ucapan syukur kuliah tamu yang berjalan dengan lancar. Ia menyampaikan pihak HMJ akan mewadahi ruang bagi mahasiswa komunikasi untuk memberikan aktivitas kegiatan yang prestatif untuk menumbuh kembangkan bakat minat. 

Freder juga menyampaikan, program HMJ yang akan dilakukan mendatang berharap dapat menghadirkan pemateri yang berkompeten dengan bidang lainnya sesuai  dengan kebutuhan mahasiswa komunikasi. Selain menambah wawasan dapat memperoleh pengalaman kerja dari praktisi terkait dunia kerja.

“Supaya nanti mengacu pada hal  yang harus diinginkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi, tetapi pada prinsipnya kita akan menghadirkan  pemateri yang memiliki bidang tertentu, seperti kuliah tamu hari ini,” tututpnya. (Yovina Selin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.