Peringati Hari Guru Nasional, Proses Belajar Daring Jadi Sorotan

 

Antonius Alam Wicaksono, S.Pd.,M.Pd saat ditemui Papyrus diruangannya

Papyrus - Memperingati Hari Guru Sedunia, Antonius Alam Wicaksono, S.Pd.,M.Pd. selaku Dosen Ilmu Pendidikan PGSD Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang berpendapat terkait proses pembelajaran yang dilakukan secara daring selama Covid-19.

Dwy Cahyono Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar saat ditemui Papyrus 


Antonius Alam menyampaikan terkait proses belajar mengajar secara online ini lebih diperuntukkan untuk dosen dan guru dalam memanfaatkan media sosial selama proses belajar daring.

"Hal yang sangat wajar dan adaptif perlu dilakukan karena selama ini kita yang konvensional belajar dikelas, selama ada Covid ini kita dituntut untuk belajar jarak jauh akhirnya ada kelas virtual sehingga kita terutama dari dosen dan guru lebih adaptif untuk menggunakan teknologi informasi seperti Google Meet , Google Classroom, Zoom Meeting dan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan dan penguasaannya," jelas Antonius saat ditemui Papyrus diruangannya. Rabu, (25/11/2020).

Antonius Alam juga menjelaskan harapan untuk dosen dan guru dalam proses mengedepankan dan pembentukan siswa dan siswi yang sejahtera.

"Harapannya semoga semakin maju dari tahun ke tahun dan semakin sejahtera. Sejahtera dalam arti finansial pekerjaan terhadap guru lebih diperhatikan dan lebih dihargai agar terciptanya siswa dan siswi yang sejahtera," ungkapnya.

Antonius Alam  juga menambahkan harapan kepada siswa dan siswi yang ada di Indonesia, terutama untuk mahasiswa dilingkungan kampus Unitri.

"Harapan untuk siswa dan siswi yang ada diluar sana, jangan patah semangat karena situasi sedang pandemi. Dalam menuntut ilmu tidak hanya belajar dikelas, tapi disemua tempat dimana pun anda berada. Dan untuk mahasiswa terutama calon pendidik jagolah dalam berkreasi jadi generasi muda, dan harus lebih sekreatif mungkin dan lebih adaptif dalam penggunaan teknologi media," ucapnya.

Dwy Cahyono yang merupakan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengungkapkan berfokus kepada peran calon guru dimasa sekarang yang mengedepankan dan menciptakan inovasi-inovasi baru.

"Sebagai calon guru, guru harus dapat memberikan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Dan bagaimana pendidikan di Indonesia harus berkembang dan apalagi sekarang lagi masa pandemi, guru dituntut untuk lebih berinovasi supaya pembelajaran tetap berlangsung dan tidak melupakan tujuan pembelajaran. Dan harapan sebagai calon guru adalah untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia agar lebih maju lagi," tutupnya. (Tina/Suji)

Tidak ada komentar