Pemda Kabupaten Sanggau Tetap Jalin Kerja sama Dengan Unitri



Pemda Kabupaten Sanggau Tetap Jalin Kerja sama Dengan Unitri, Unitri Malang, Sanggau, Kalbar
Perwakilan Staff ahli Bupati Kabupaten Sanggau, Ignatius Irianto saat diwawancarai, Sabtu (8/9).

Lpm-papyrus.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (Kalbar) dengan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menjalin kerja sama sejak sembilan tahun yang lalu. Sampai saat ini, mahasiswa asal Kabupaten Sanggau yang menempuh pendidikan di Unitri Malang berjumlah sekitar 800 mahasiswa.


Perwakilan Staff ahli Bupati Kabupaten Sanggau, Ignatius Irianto mengatakan mahasiswa tersebut mendapatkan beasiswa dari Pemda Kabupaten Sanggau untuk kuliah di Unitri, dan sudah melalui seleksi akademik di daerah. Namun, tidak semua biaya kuliah ditanggung Pemda Kabupaten Sanggau.

"Untuk seleksi pertama yakni dari niat mahasiswa itu sendiri agar tidak terpaksa, kedua yakni ada kemauan yang mendorong untuk kuliah, kemudian ada seleksi akademik yang diadakan pihak Pemda Kabupaten Sanggau,”kata Ignatius Irianto.

“Untuk beasiswanya sendiri beberapa komponen ada yang ditanggung Pemda, namun ada beberapa yang ditanggung sendiri,"ujarnya kepada awak media seusai upacara penerimaan mahasiswa baru (Maba) 2018 Unitri Malang, Sabtu (8/9).

Ignatius juga menambahkan apabila mahasiswa asal Sanggau tersebut lulus, pihak Pemda tidak akan menghalangi mahasiswa untuk berkarya di daerah lain, seperti NTT maupun Kota Malang.

"Kami memberikan kebebasan kepada mereka (mahasiswa Sanggau, red) untuk berkarya di Daerah yang di inginkan, namun kami sangat bersyukur jika mereka bisa kembali ke daerah untuk membangun Kabupaten Sanggau,”imbuhnya.

Selain itu, Ignatius berharap mahasiswa sanggau yang kuliah di Unitri mempunyai jiwa nasionalisme sesuai dengan motto Unitri yakni Kampus kerakyatan. Ia juga berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut, serta lulusan-lulusan dari Unitri Malang menjadi orang yang berkualitas dan berkompeten.

"Harapannya mahasiswa ini bisa menggelorakan semangat nasionalisme Indonesia dan tentunya lulusan-lulusan ini bisa menyebar ke seluruh nusantara,"tutupnya. (vira)

No comments